Gentooz
Gentooz adalah sebuah situs portal berita yang menyajikan informasi seputar Bisnis, Travel, Lifestyle dan Teknologi.

5 Tips Penting Agar Upgrade Android Berjalan Lancar

0 67

Saat ini smartphone dengan sistem operasi android memang sedang naik daun. Android bahkan sudah di gunakan oleh lebih dari 1.4 miliar pengguna dari seluruh dunia. Tak heran rasanya, karena memang smartphone yang menggunakan sistem android memiliki banyak fitur dan pilihan aplikasi serta tentunya mudah untuk di operasikan.

Android juga terkenal dengan peningkatan dan pengembangan sistem operasinya, firmware dan versi yang cukup sering di tingkatkan. Nah pada artikel kali ini Gentooz sudah punya beberapa Tips Penting Agar Upgrade Android Berjalan Dengan Lancar dan Aman.

Tips Penting Agar Upgrade Android Berjalan Lancar

Dalam proses upgrade android para pengguna di haruskan untuk mengunduh dan meng-insall firmware baru pada smartphone android mereka. Proses mengunduh hingga instalasi ini tidak boleh terputus di tengah jalan. Sebab, jika terputus bisa-bisa smartphone android kamu akan mengalami bootloop atau bahkan mati total.

Oleh sebab itu sebelum kamu memutuskan untuk upgrade android kamu ke versi yang lebih baru, sebaiknya terlebih dahulu kamu simak tips pening agar upgrade android berjalan lancar berikut ini.

1.Backup Semua Data Penting

Tips Upgrade Android

Saat melakukan upgrade android, ada kalanya sistem melakukan flash ulang terhadap smartphone android kamu. Sehingga data apapun yang ada di dalam memori internal akan terhapus. Termasuk file musik, foto, video, dokumen dan data-data dari aplikasi yang kamu pasang di smartphone.

Maka dari itu sebelum memutuskan untuk upgrade android, sebaiknya kamu melakukan backup terhadap semua data penting yang ada di dalam memori internal smartphone kamu. Kamu bisa melakukan backup secara manual atau dengan menggunakan aplikasi backup seperti Titanium Backup dan Helium.

2.Pastikan ada Cukup Ruang di Memori Internal Android

Tips Upgrade Android

Setelah kamu berhasil mengunduh firmware baru, tentunya kamu harus menyimpan file tersebut di memori internal smartphone android kamu kan? Jika memori internal kamu penuh, nantinya file tersebut mau di simpan di mana?

Maka dari itu sebaiknya kamu menyisakan ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan file firmware baru yang akan kamu unduh. Ukuraan filenya sendiri berbeda-beda, tergantung dari merek dan tipe smartphone android kamu. Tapi biasanya ukurannya berkisar antara ratusan MB hingga di atas 1 GB. Supaya aman sebaiknya kamu menyisakan ruang 2 GB saja.

3.Upgrade Firmware dari Sumber yang Terpercaya

Tips Upgrade Android

Di internet sendiri banyak sekali link untuk mengunduh firmware baru untuk segala jenis smartphone android. Tapi, tidak semuanya berisi firmwre yang resmi dari developer. Banyak juga yang merupakan Custom ROM atau hanya hasil modifikasi.

Memang tampilan android kamu akan terlihat keren, tapi jika kamu belum terlalu paham dengan rooting ataupun Custom ROM maka sebaiknya kamu unduh firmware yang resmi di keluarkan oleh pihak pengembang dari smartphone android kamu. Cara yang paling aman adalah melalui OTA (Over The Air) alias unduh langsung lewat halaman pengaturan smartphone kamu.

4.Gunakan Koneksi Internet yang Stabil dan Cepat

Tips Upgrade Android

Jika melakukan uograde OS android, kamu harus mengunduh firmware baru yang ukurannya tergolong cukup besar. Mulai dari ratusan MB hingga lebih dari 1 GB. Untuk mengunduh file sebesar itu kamu membutuhkan koneksi internet yang stabil dan lancar. Jika kamu tidak mau kuota internet kamu cepat habis, kamu bisa memanfaatkan fasilitas WiFi gratisan yang ada di tempat umum.

Tapi pastikan juga koneksi internetnya cepat, lancar dan stabil. Supaya proses unduh filenya tidak kelamaan. Serta tidak terputus di tengah jalan. Kamu bisa cek kualitas internet dengan menggunakan aplikasi Speedtest.

5.Jaga Baterai Agar Tetap Penuh

Tips Upgrade Android

Proses upgrade android memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain proses unduh firmware, proses instalasinya juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kamu juga harus berhati-hati, sebab proses instalasi yang terputus di tengah jalan berdampak fatal bagi smartphone android kamu.

Dampaknya bisa mengakibatkan smartphone android kamu mengalami bootloop atau bahkan mati total. Pastikan sebelumnya kondisi baterai smartphone android kamu dalam keadaan penuh sebelum kamu memutuskan untuk upgrade android. Atau kamu juga bisa sambil melakukan isi ulang baterai.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips penting agar upgrade android berjalan lancar dan aman. Tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga sebelum hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi kepada smartphone android kesayangan kita.