5 Tips Beli HP Bekas yang Berkualitas Bagus

Tips Beli HP Bekas yang Berkualitas Bagus – Beli HP murah biasanya di lakukan oleh orang Indonesia dengan cara membeli HP bekas. entah itu melalui toko ponsel atau secara perorangan yang di jual melalui toko online. Nah, banyak juga oknum nakan atau penjual yang tidak jujur yang menjual HP bekas dengan harga yang sangat murah yang bahkan di bawah harga pasaran.

Biasanya barang tersebut di dapatkan dari hasil curian atau barang oprekan alias refurbised. Kamu harus selalu waspada untuk membeli HP bekas, jangan sampai barang yang kamu beli tidak sesuai dengan yang kamu inginkan. Oleh karena itu, Gentooz kali ini akan memberikan kamu Tips Beli HP Bekas agar kamu tidak tertipu.

Tips Beli HP Bekas yang Berkualitas

Memang HP second itu kualitasnya sudah menuruh karena sebelumnya telah di gunakan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan HP bekas yang berkualitas bagus. Penasaran apa saja? Langsung simak tipsnya di bawah ini.

1.Mengenal HP yang Ingin di Beli

Tips Beli HP Bekas

Ketahui HP apa yang memang kamu butuhkan saat ini, bukan yang kamu inginkan. Pastikan HP tersebut bisa kamu manfaatkan dengan baik dan benar, bukan hanya untuk gaya-gayaan.

Caranya adalah dengan melihat model, fitur dan spesifikasi dari HP yang kamu incar. Kamu bisa melihatnya melalui situs resmi dari HP kamu atau bisa baca dan tonton video review dari orang lain yang telah menggunakan HP tersebut.

2.Ketahui Harga HP di Pasaran

Tips Membeli HP Second

Setelah kamu mengetahui HP seperti apa yang kamu butuhkan, langkah berikutnya adalah mencari tau harga jual dari HP tersebut di pasaran. Jangan sampai kamu terkecoh dengan harga yang di tawarkan oleh penjual.

Kamu bisa mengetahui harga HP bekas di pasaran melalui toko online atau bisa mengeceknya langsung di toko HP. Waspadalah dengan HP bekas yang di jual sangat murah, tidak ada penjual yang menjual barang dengan harga murah melainkan ada suatu masalah besar pada produknya.

Ada satu cara yang bisa kamu coba untuk mendapatkan HP yang kamu inginkan dengan harga murah, yakni dengan menunggu generasi terbaru dari varian HP yang kamu inginkan. Misalnya saja jika kamu ingin beli Galaxy S9, kamu harus menunggu Galaxy S10 resmi di luncurkan ke pasaran. Maka Galaxy S9 tersebut harganya akan jatuh.

Baca Juga: 11 Tips Penting Sebelum Beli Smartphone Baru

3.Temui Penjual dan Lihat Barangnya Secara Langsung

Cara Membeli HP Bekas

Untuk memastikan HP yang kamu incar tersebut masih dalam kondisi bagus, maka temua penjualnya secara langsung dan coba pastikan sendiri HP tersebut apakah memang masih dalam kondisi bagus.

Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu pastikan sendiri:

  • Coba SIM card yang berisi nomor pribadi kamu.
  • Pastikan apakah fungsi charging masih dalam kondisi baik dan coba matikan dan nyalakan kembali  HP tersebut. Lakukan hal yang menurutmu penting dan sangat fatal jika terjadi kerusakan.
  • Temua penjual di tempat ramai jangan di tempat sepi dan gelap. Ini untuk keamanan kamu.
  • Jika memang di butuhkan bawalah satu teman kamu untuk membantu kamu.

4.Cek HP dan Kelengkapan Aksesoris

Cara Beli HP Second

Saat kamu bertemu dengan sang penjual jangan lupa untuk menanyakan juag mengenai kelengkapan aksesoris seperti kabel USB, charging, garansi jika memang masih aktif dan lain-lain.

Untuk memeriksa konektivitas HP, kamu bisa membawa beberapa perangkat berikut ini.

  • Bawa laptop dan kabel USB (jika tidak di sediakan oleh penjual) untuk mengetahui apakan bisa terkoneksi dengan baik.
  • Bawa microSD, pastikan HP masih bisa mendeteksi memori eksternal.
  • Headset, tentu di gunakan untuk memastikan port audio masih berfungsi dengan baik atau tidak.
  • SIM Card

Pastikan segala fitur multimedia seperti kamera, speaker, earpiece, konektivitas internet, WiFi dapat berfungsi dengan baik. Terakhir adalah dengan mengecek apakah ada goresan kecil pada bodi atau cacat HP lainnya. Hal ini bisa kamu jadikan alasan untuk menawar harga barang.

Nah, khusus buat kamu yang mencari HP Xiaomi, kamu dapat mengetahui apakah calon HP resmi atau tidak melalui nomor IMEI. Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan memverivikasi IMEI ke website resmi Xiaomi.

Baca Juga: 10 Tips Paling Penting Sebelum Beli Laptop Baru

5.Tawar Harga Terbaik

Cara Beli HP Bekas

Berikutnya adalah tawar harga dari HP yang kamu incar, karena kamu sudah mengetahui harga pasaran dari HP tersebut seharusnya kamu bisa menawar dengan harga yang lebih masuk akal.

Kamu bisa menawr dengan harga yang sedikit lebih murah dari harga pasaran, dengan menggunakan alasan seperti terdapat cacat atauu garansi yang sudah tidak aktif.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips beli HP bekas yang wajib kamu ketahui sebelum benar-benar deal dengan sang penjual. Jangan sampai karena tergiur dengan harga yang murah kamu malah membeli HP yang mungkin hampir rusak.

Tinggalkan komentar