Gentooz
Gentooz adalah sebuah situs portal berita yang menyajikan informasi seputar Bisnis, Travel, Lifestyle dan Teknologi.

13 Cara Belanja Online yang Aman Agar Tidak Tertipu

0 90

Cara Belanja Online yang Aman Agar Tidak Tertipu – Maraknya toko online yang bermunculan di Indonesia memang sangat menguntungkkan banyak pihak. Dari sisi penjual, mereka jadi bisa mendapatkan banyak pembeli dari berbagai daerah di Indonesia sedangkan bagi pembeli sendiri toko online tentu akan memudahkan mereka untuk mencari dan membeli segala jenis barang dengan mudah dan cepat.

Akan tetapi, di balik kemudahan yang di tawarkan oleh toko online ada juga hal-hal yang membuat kita selalu was-was. Salah satunya adalah penipuan dari penjual yang tidak bertanggung jawab. Nah, pada artikel kali ini Gentooz sudah punya beberapa Cara Belanja Online yang Aman Agar Tidak Mudah Tertipu oleh penjual yang berbuat curang.

Cara Belanja Online yang Aman

Ada beberapa jenis penipuan yang sering terjadi saat belanja online. Contohnya seperti produk yang tidak sesuai dengan foto yang di tampilkan pada situs belanja. Selain itu ada juga kasus barang yang di pesan tidak sampai dan ketika di hubungi malah tidak ada respon dari sang penjual.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan saat berbelanja di toko online, kamu bisa lakukan beberapa cara belanja online yang aman di bawah ini.

1.Berbelanja di Situs yang Sudah Memiliki Reputasi Baik

Seperti yang sudah di sampaikan di awal tadi kalau toko online di Indonesia sudah sangat menjamur di mana-mana. Belum lagi ada juga toko online dari luar yang juga ikut meramaikan persaingan.

Kamu harus memastikan untuk memilih tau situs belanja online yang sudah memiliki reputasi baik. Salah satu caranya adalah dengan mencari testimoni dari situs tersebut.

Lalu di mana melihat testimoninya? Buka saja PlayStore atau App Store. Toko online yang sudah memiliki nama besar pasti memiliki aplikasi. Selain itu, jumlah unduhan aplikasi mereka juga pasti sudah mencapai jutaan.

Baca Juga: 10 Aplikasi Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya

2.Perhatikan Tingkat Keamanan dari Situs Belanja Online

Salah satu indikasi kalau situs belanja online tersebut terpercaya adalah dari tingkat keamanan yang di milikinya. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencari situs yang di awali dengan HTTPS.

Kamu akan menemukan adanya simbol genbok yang muncul pada adress bar, ini menandakan kalau situs tersebut sudah di lengkapi dengan secure sockets layer (SSL).

3.Jangan Terlalu Banyak Memberikan Informasi

Setelah kamu mengetahui situs belanja online yang kamu pilih benar-benar aman, biasanya kamu akan di minta untuk membuat akun agar bisa berbelanja di situs tersebut.

Sebaiknya jika kamu ingin membuat akun, minimalisir untuk memberikan informasi yang detail seputar dirimu. Jika terjadi kebocoran data, maka privasi yang akan jadi taruhannya.

4.Buat Password yang Sulit di Tebak

Agar memberikan perlindungan ekstra, kita harus membuat password yang sulit dan tidak mudah di tebak agar data kita yang ada di situs toko online tersebut tetap aman.

Jangan menggunakan password yang mudah di tebak, seperti tanggal lahir. Gunakan kombinasi angka, huruf dan simbol yang serumit mungkin.

Kalau terlalu rumit dan sulit di ingat bagaimana? Catat password tersebut di buku catatan kamu dan jangan sampai hilang apalagi di ketahui oleh orang lain.

5.Baca Terms and Conditions

Kebanyakan orang yang ingin berbelanja di situs toko online pasti malas untuk membaca terms and conditions. Akan tetapi demi keamanan dan kenyamanan, lebih baik kamu membaca aturan yang sudah di tetapkan oleh pihak toko online tersebut.

Bacalah terms and conditions dan perhatikan setiap poin, terutama yang berkaitan dengan transaksi. Contohnya seperti apakah ada pengembalian uang apabila barang tidak sampai.

Selain itu, perhatikan juga poin yang berkaitan dengan data kita, seperti apakah data kita tidak akan di berikan kepada pihak lain dan lain sebagainya.

6.Belanja di Lapak yang Terpercaya

Tips belanja online seanjutnya adalah belanja di lapak yang terpercaya. Jika sudah memutuskan toko online yang ingin kamu kunjungi dan sudah menyelesaikan segala urusan administrasi, maka selanjutnya kamu sudah bisa memilih lapak penjual yang aman dan terpercaya.

Beberapa toko online sudah menyediakan rating untuk menandai lapak atau penjua mana yang mendapatkan respon positif ataupunnegatif dari para pembeli.

Perhatikan juga testimoni yang di berikan kepada mereka. Jangan hanya melihat testimoni bintang lima saja, lihat juga pelanggan yang memberikan bintang satu untuk mengetahui alasannya.

7.Jangan Mudah Tergoda Dengan Barang yang Terlalu Murah

Salah satu kelebihan yang di tawarkan oleh toko online adalah harga yang jauh lebih murah dari retail tradisional. Tentu saja kita akan senang jika mendapatkan barang dengan harga yang murah.

Akan tetapi jangan langsung tergiur dengan harga yang terlalu murah. Kecuali jika ada event yang di adalah oleh pihak toko online seperti Bulan Ramadhan ataupun Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Jika ada penjual yang menawarkan barang seperti gadget atau barang lainnya yang memiliki harga jauh di bawah harga pasaran maka kamu wajib waspada dan curiga terhadap penjualnya.

8.Baca Deskripsi dan Pastikan Keaslian dari Produknya

Setelah menemukan barang yang ingin di beli, selanjutnya adalah baca deskripsi produk dengan teliti. Jika kamu ingin membeli pakaian, pastikan bahan yang di gunakan sesuai dengan yang kamu cari. Yang tidak kalah penting adalah ukuran pakaian. Penjual yang baik biasanya menyantumkan panjang dan lebar dari pakaian yang di jual.

Lalu bagaimana dengan baranh lain? Periksa dengan baik setiap detailnya apapun itu baeangnya. Jika kamu berniat ingin membeli produk asli, pastikan juga keaslian produk yang ingin kamu beli. Salah satu caranya adalah dengan membaca testimoni dari pembeli lain.

9.Bandingkan Harga Dengan Cermat

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk, coba bandingkan harga barang dengan penjual lain. Jika perlu, bandingkan juga harga barang dengan toko online lain untuk mendapatkan harga terbaik.

Akan tetapi, seperti yang sudah di singgung sebelumnya jangan mudah tergoda dengan penawaran yang tidak masuk akal.

10.Pilih Cara Pembayaran Paling Aman

Tips belanja online yang berikutnya adalah memilih cara pembayaran yang aman. Biasanya toko online memberikan berbagai cara untuk melakukan pembayaran, seperti menggunakan kartu kredit, transfer melalui mobile banking, PayPal hingga menggunakan berbagai layanan fintech.

Nah, kalau kamu termasuk orang yang paranoid untuk kehilangan uang maka kamu bisa menggunakan metode Cash on Delivery atau COD.

11.Pastikan Kembali Total Pengeluaran Sebelum Membeli

Ketika ingin melakukan pembayaran, perhatikan lagi jumlah barang yang ingin di beli. Jangan sampai kamu membeli dua barang yang sama persis.

Selain itu, perhatikan juga ongkos kirimnya. Kalau kamu tidak terlalu butuh barangnya segera, maka kamu bisa memilih biaya pengiriman yang paling murah. Jangan lupa, perhatikan juga apabila ada promo gratis ongkir.

12.Simpan Bukti Transfer

Simpanlah bukti transfer untuk menjaga-jaga apabila terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. Biasanya nota akan di berikan apabila barang sudah di antar ke rumah kamu. Tips belanja online yang satu ini juga berlaku bagi kamu yang belanja di toko offline.

13.Jangan Ragu untuk Komplain

Meskipun sudah memberikan berbagai pencerahan supaya tidak tertipu saat belanja online. Bisa jadi ada hal-hal buruk yang menimpa  kita saat transaksi sudah selesai.

Apabila kamu merasa di tipu baik dari segi barang ataupun transaksi, jangan ragu untuk komplain. Kamu bisa menulskan di kolom review atau kamu juga bisa langsung mengadu ke pihak toko online yang bersangkutan.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara belanja online yang aman agar kamu tidak mudah tertipu oleh penjual yang tidak bertanggung jawab. Ingat selalu berhati-hati saat ingin belanja online dan jangan takut untuk melaporkan tindak kejahatan yang telah menimpa kepadamu terutama saat belanja di toko online.