Informasi dan Tutorial Android

Inilah Rincian Tanggal Merah dan Cuti Bersama 2021

0 0

Tanggal Merah 2021 – Tahukah kamu jika setiap tahunnya tanggal merah pada kalender selalu berubah-ubah. Apalagi di tahun 2021 ini, di mana kita sedang dihadapkan pada pandemi virus Corona yang membuat segala hal menjadi harus diatur ulang untuk menyesuaikan dengan kondisi yang tengah berlangsung.

Salah satu dampak dari pandemi virus Corona ini adalah adanya pemangkasan tanggal merah 2021 yang di lakukan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Dalam hal ini yang di pangkas adalah hari libur cuti bersama yang awalnya berjumlah 7 hari namun di tahun 2021 ini Pemerintah Indonesia hanya memberikan 2 hari cuti bersama saja.

Pemerintah Indonesia telah mengurangi 5 hari cuti bersama di tahun 2021.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, menjelaskan alasan Pemerintah Indonesia mengurangi jatah libur cuti bersama di tahun 2021 ini adalah karena kurva Covid19 yang tidak mengalami oenurunan.

Padahal segala upaya sudah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk menurunkan kurva Covid19. Maka dari itulah pemerintah Indonesia mengkasi bahwa cuti bersama ini dapat mendorong terjadinya arus pergerakan orang secara massal sehingga meningkatkan potensi penyebaran virus Corona di Indonesia.

Menurut Muhadjir Effendy biasanya setelah libur panjang akan terjadi peningkatan kasus Covid19 yang diakibatkan orang-orang banyak yang beraktivitas di luar rumah. Selain itu mobilitas masyarakat juga ikut meningkat sementara itu program vaksinasi yang di canangkan pemerintah Indonesia juga masih berjalan.

Ia juga berpendapat jika mobilitas yang padat juga berpotensi besar untuk meningkatkan kasus penyebaran Covid19. Tentu hal ini sangat menghawatirkan, melihat Indonesia masih menduduki peringkat teratas sebagai negara dengan jumlah kasus Covid19 tertinggi untuk kawasan Asia.

Adapun pemerintah masih menyisakan 2 hari untuk cuti bersama adalah karena berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada 12 Mei serta menjelang hari Raya Natal tahun 2021 pada 24 Desember.

Alasan mengapa pemerintah masih memberikan satu hari sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri dan satu hari sebelum perayaan Natal adalah karena untuk memudahkan Polri dalam memantaau pergerakan masyarakat, ujar Muhadjir Effendy. Jangan sampai terjadi kepadatan arus karena itu akan berdampak buruk.

Muhadjir Effendy juga menjelaskan jika 5 hari cuti bersama yang dipangkas oleh pemerintah meliputi cuti bersama Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW pada tanggal 12 Maret, Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada tanggal 17-19 Mei serta hari Raya Natal 2021 pada tanggal 27 Desember.

Rindian Tanggal Merah dan Cuti Bersama 2021

Jika kamu masih merasa bingung dengan jadwal tanggal merah serta cuti bersama di tahun 2021, kamu dapat melihat rinciannya berikut ini:

  1. Tahun Baru Masehi, Jumat 1 Januari
  2. Tahun Baru Imlek, Jumat 12 Februari
  3. Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Kamis 11 Maret
  4. Hari Raya Nyepi, Minggu 14 Maret
  5. Jumat Agung, Jumat 2 April
  6. Hari Buruh, Sabtu 1 Mei
  7. Cuti Bersama Lebaran, Rabu 12 Mei
  8. Kenaikan Isa Almasih, Kamis 13 Mei
  9. Hari Raya Idul Fitri, Kamis dan Jumat 13-14 Mei
  10. Hari Raya Waisak, Rabu 26 Mei
  11. Hari Lahir Pancasila, Selasa 1 Juni
  12. Hari Raya Idul Adha, Selasa 20 Juli
  13. Tahun Baru Islam, Selasa 10 Agustus
  14. Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa 17 Agustus
  15. Maulid Nabi Muhammad SAW, Selasa 19 Oktober
  16. Cuti Bersama Hari Raya Natal, Jumat 24 Desember
  17. Hari Raya Natal, Sabtu 25 Desember

Jika di total tanggal merah 2021 ini hanya berjumlah 17 hari saja berkurang 5 hari dari tahun-tahun sebelumnya. Keputusan pemotongan libur cuti bersama selama 5 hari oleh Pemerintah Indonesia bukan tanpa alasan karena memang melihat kondisi sekarang yang membuat pemotongan libur cuti bersama menjadi keputusan yang tepat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.