Take a fresh look at your lifestyle.

20 Software Emulator Android Ringan dan Terbaik di PC

6

Software Emulator Android Ringan dan Terbaik di PC – Pernahkah kamu merasa kalau ada beberapa game di android yang akan jauh lebih seru jika bisa di mainkan pada perangkat PC atau laptop. Misalnya saja seperti game Mobile Legends atau PUBG Mobile akan lebih seru jika di mainkan menggunakan keyboard dan mouse. Buat kamu yang ingin main game android di PC ada beberapa emulator android terbaik yang bisa kamu gunakan untuk bermain game di PC.

Bukan hanya untuk bermain game, kamu juga dapat install berbagai aplikasi android menggunakan emulator android tersebut. Nah, pada artikel kali ini Gentooz akan memberikan daftar Emulator Android Ringan dan Terbaik di PC yang bisa kamu coba.

Emulator Android Ringan dan Terbaik di PC

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, apakah kamu tau apa itu emulator android? Emulator adalah sebuah program yang memungkinkan pengguna komputer untuk menggunakan sistem operasi lain.

Jadi emulator android adalah sebuah program yang dapat membuat kamu bisa menggunakan sistem android pada perangkat PC atau Laptop. Contoh beberapa emulator android populer seperti Nox App Player dan BlueStacks.

Daftar Emulator Android

Selain beberapa emulator yang sudah di sebutkan sebelumnya, masih ada banyak lagi emulator android terbaik yang bisa kamu pilih di bawah ini. Tentu saja semua ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung kebutuhanmu ingin bermain game di PC atau untuk install aplikasi chatting di PC.

Lalu emulator android mana saja yang cocok buat kebutuhan kamu? Simak daftar emulator android beserta ulasannya di bawah ini.

1.AMIDuOS

Emulator Android

AMIDuOS adalah emulator android terbaik yang dapat bekerja dengan baik untuk segala kebutuhan mulai dari bermain game hingga developer. Kamu bisa menikmati serunya bermain game android di PC selama 30 hari untuk versi trial.

Setelah lewat masa trial akan ada dua pilihan yaitu JellyBead sebesar US$10 (sekitar Rp.130.000) atau android Lolipop seharga US$15 (sekitar Rp.200.000). AMIDuOS juga memberikan fitur dan dukungan penuh pada para penggunanya.

2.Android Studio

Emulator Android

Android Studio merupakan emulator yang sangat di sarankan buat kamu para developer. Mendapatkan liseni langsung dari Google, emulator yang satu ini sangat di sarankan untuk menguji sebuah aplikasi atau game.

Tapi emulator android ini sangat tidak di rekomendasikan buat kamu yang hanya ingin menggunakannya untuk bermain game atau sosial media saja.

Baca Juga: 10 Software Edit Video Terbaik dan Terbaru Untuk PC

3.Andy

Emulator Android

Andy adlah salah satu emulator android ringan yang bisa kamu gunakan dan unduh secara gratis sepenuhnya. Andy akan memberikan kamu keleluasaan untuk mengeksplorasi berbagai fitur android di PC, mulai dari Game, Aplikasi, launcher bahkan hingga instalsi akses root. Andy juga menawarkan tampilan layaknya di android yang di jamin akan memudahkan kamu dalam mengoperasikannya.

4.BlueStacks

Emulator Android

BlueStacks sudah menjadi emulator android terbaik yang umumnya di gunakan. Setidaknya untuk menggunkan BlueStacks dengan lancar kamu membutuhkan perangkat PC dengan minimal RAM sebesar 2GB.

Bahkan BlueStacks versi kedua memiliki performa yang jauh lebih cepat, stabil dan telah di lengkapi dengan berbagai fitur baru seperti pengaturn lokasi.

Baca Juga: 15 Software Desain Logo Terbaik dan Paling Canggh

5.BlueStacks 2

Emulator Android

BlueStacks 2 adalah versi pengembangan terbaru dari emulator android paling populer saat ini. Emulator android ringan ini juga selalu update secara berkala dan dapat berjalan dengan lancar pada PC dengan spesifikasi pas-pasan.

BlueStack 2 sendiri sudah mendapatkan dukungan penuh dari BlueStacks Gaming Platform yang memberikan performa lebih baik dan lebih cepat untuk menunjang kebutuhan kamu dalam bermin game.

6.Genymotion

Emulator Android

Genymotion memberikan kemudahan bagi para developer android untuk melakukan uji coba terhadap aplikasi atau game dengan beberapa perangkat sekaligus.

Sejauh ini Genymotion dapat menjalankan emulator seperti Nexus One dengan sistem 4.2 dan Nexus 6 dengan sistem android 6.0. Kamu bisa menggunakan Genymotion secara gratis selama masa trial dan bisa berlangganan dengan membayar setiap tahun.

Baca Juga: 13 Software Edit Foto PC Terbaik dan Paling Populer

7.KoPlayer

Emulator Android

KoPlayer adalah salah satu pemain baru dalam ranah emulator android untuk PC. Buat kamu par gamers android di PC, KoPlayer bisa kamu jadikan pilihan emulator untuk bermain game android di PC.

Emulator ini tentu saja bisa menjalankan berbagai aplikasi android di PC dan bisa mengubah keyboard kamu menjadi kontroler untuk beberpa game android. Proses install dan cara penggunaannya juga terbilang mudah, walau ada beberapa bug di dalamnya.

8.Manymo

Emulator Android

Manymo bisa jadi salah satu pilihan terbaik buat kamu. Manymo tidak mengharuskan kamu untuk mengunduh dan install, karena memang emulator android ini bisa di gunakan langsung secara online.

Sayangnya Manymo memberikan opsi pembayaran yang lumayan mahal bagi para pengguna personal.

9.MEmu

Emulator Android

MEmu adalah salah satu emulator andrid ringan yang telah mendapatkan dukuangan dari beberapa versi android, mulai dari JellyBean, KitKat hingga Lollipop.

Salah satu keunggulan terbesarnya adalah dukungan dari prosesor Intel dan AMD. Untuk penggunaan normal, MEmu sangat lancar di gunakan untuk bermain berbagai game android di PC.

10.Nox

Emulator Android

Nox adalah salah satu emulator android ringan yang memiliki banyak fitur, terutama fitur yang akan memudahkan kamu dalam bermain game android di PC.

Dengan Nox, kamu bisa bermain game android di PC dengan menggunakan keyboard dan mouse bahkan Joystick jika kamu memilikinya. Nox juga kompatible untuk pengguna Windoes dan Mac.

11.XePlayer

Emulator Android

Selain NoxPlayer, kamu juga masih ada pilihan emulator lain untuk bermain game android di PC, yaitu XePlayer.

XePlayer sendiri mendukung jutaan game android yang bisa di mainkan dengan mekanisme keyboard dan mouse. Emulator android terbaik ini juga mendukung sistem operasi Windows mulai dari XP, 7, 8 hingga 10.

12.Remix OS Player

Emulator Android

Remix OS Player yang di kembangkan oleh Jide ini merupakan pemain baru dalam ranah emulator android untuk PC.

Sejauh ini hanya Remix OS Player yang sudah mendukung android Marshmallow, proses instalasinya juga cukup mudah. Namun sayang, Remix OS Player tidak mendukung prosesor dari AMD.

13.Windroye

Emulator Android

Sebagai salah satu emulator android ringan sekaligus yang paling tua, Windroye punya tampilan yang sangat sederhana.

Emulator android yang paling ringan ini bisa kamu unduh secara gratis dan proses instalasinya juga cukup mudah. Windroye sangat cocok buat kamu yang punya PC dengan spesifikasi rendah.

14.Xamarin

Emulator Android

Xamarin punya fungsi yang hampir sama dengan Android Studio, emulator android ini memang di rekomendasikan untuk para developer, baik untuk personal maupun dalam skala besar.

Perbedaannya, Xamarin dapat di gunakan untuk aplikasi lain seperti Microsoft Visual Studio.

15.Jar of Beans

Emulator Android

Punya nama unik, Jar of Beans adalah emulator yang menggunakan sistem android4.1 JellyBean dan sudah mendukung Intel Hardware Accelerated Execution Manager (HAXM).

Salah satu keunggulan dari Jar of Bean adalah berformat portable, jadi tidak membutuhkn proses instalasi sama sekali. Tentu akan memudahkan kamu yang hanya ingin bermain aplikasi android di PC sewaktu-sewaktu.

16.YouWave

Emulator Android

Sama seperti Windroye, YouWave juga menjadi salah satu emulator android ringan paling tua.

Untuk versi gratisnya kamu hanya akan mendaptkan android Ice Cream Sandwich. Sedangkan untuk mendapatkan sistem Lollipop kamu harus membayar sebesar US$29 ( sekitar Rp.400.000). Tapi karena ini adalah emulator android yang ringan, jadi sangat cocok buat kamu yang memiliki PC spesifikasi rendah.

17.ARChon

Emulator Android

ARChon tidak seperti emulator android lainnya. Emulator android ini hanya membutuhkan Google Chrome untuk dapat menjalankan aplikasi android di PC.

ARChon sendiri sangat kompatible di Windows, Linux dan Mac. Namun, kamu perlu usaha lebih karena ternyata untuk install ARChon terbilang cukup sulit.

18.Droid4X

Emulator Android

Droid4X puny kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Emulator android terbaik ini punya tampilan yang sederhana dan mudah di gunakan untuk bermain game android di [C.

Selain Windows, Droid4X jugaa mendukung sistem Mac. Sayangnya, masih banyak bug yang di temukan pada Droid4X jika di bandingkan dengan emulator android lainnya.

19.LeapDroid

Emulator Android

LeapDroid adalah salah satu emulator yang sempat di akuisisi oleh Google. Emulator ini membawa android 4.1 KitKat dan telah mendukung keyboard inapping untuk bermain game.

Saat pertama kali kamu install emulator android ini kamu akan mendapatkan opsi untuk unduh game populer seperti Clash of Clans atau Pokemon Go..

20.VirtualBox

Emulator Android

Berikutnya, kamu bisa membuat emulator android sendiri. Yang kamu butuhkan adalah VirtualBox dan image dari Android-X86.org.

Emulator ini bisa kamu gunakan untuk mengikuti tutorial yang banyak beredar di internet dan kamu harus memiliki kemampuan koding.

Nah, itu tadi adalah beberapa rekomendasi emulator android ringan dan terbaik di PC yang bisa kamu gunakan untuk bermain game dan aplikasi android di PC.