Take a fresh look at your lifestyle.

9 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

5

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot – Seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan komputer, banyak orang sat ini yang mulai meninggalkan PC dan beralih ke Laptop. Alasannya sudah pasti selain harga yang lebih terjangkau, Laptop juga lebih praktis dan tidak memakan banyak tempat. Meskipun lebih praktis, namun tetap saja masalah Laptop lemot sering terjadi sama halnya seperti di perangkat PC.

Agar laptop kamu tetap lancar di gunakan, pada artikel kali ini Gentooz akan memberikan tips seputar Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot yang bisa kamu terapkan dengan mudah. Daripada penasaran, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Penyebab Laptop Lemot

Ada beberapa kemungkinan yang mengakibatkan Laptop atau PC kamu menjadi sangat lambat. Sebelum kamu menuju ke cara mengatasi laptop lemot, ad baiknya kamu juga mengetahui apa penyebab laptop lemot.

Dengan kamu mengetahui apa penyebabnya, maka kamu bisa melakukan pencegahan di masa mendatang agar kejadian yang sama tidak terulang.

1.Terlalu Banyak Startup Programs

Penyebab Laptop Lemot

Beberapa software akan berjalan secara otomatis di background ketika kamu mulai menyalakan laptop kamu. Semakin banyak software yang berjalan otomatis, maka laptop kamu akan semakin lambat.

2.Usia HardDisk yang Sudah Terlalu Tua

Penyebab Laptop Lemot

Hardisk memang memiliki keterbatasan usia, semakin lama usia hardisk yang kamu pergunakan maka hal tersebut juga akan sangat berpengaruh kepada performa laptop secara keseluruhan.

3.Hardisk Hampir Penuh

Penyebab Laptop Lemot

Banyaknya data yang di simpan juga memiliki andil besar terhadap lambatnya laptop kamu. Ada seorang pakar yang mengatakan bahwa hardisk yang terlalu penuh hingga mencapai 95% maka akan memperlambat laptop kamu hingga 50%.

4.Browser yang Terlalu Banyak add-ons

Penyebab Laptop Lemot

Mungkin secara sadar atau tidak sadar kamu menambahkan berbagai add-ons ke dalam browser kamu. Telitilah sebelum menambahkan add-ons, karena beberapa di antara mereka berpotensi untuk memperlambbat kinerja laptop kamu.

5.Terlalu Banyak Menjalankan Software Dalam Satu Waktu

Penyebab Laptop Lemot

Seringkali kita membuka begitu banyak software  dalam satu waktu, istilahnya multi-tasking. Sekalipun kita menggunakan komputer untuk tujuan ini, tapi ingat komputer juga memiliki keterbatasan dalam kapasitas RAM.

6.Terlalu Banyak Browser Tabs yang di Buka

Penyebab Laptop Lemot

Percaya atau tidak percaya, terlalu banyak membuka tab pada browser juga mempengaruhi lambatnya laptop kamu. Apalagi jika situs yang sedang kamu kunjungi tersebut memiliki fitur auto-refresh.

7.Komputer Terkena Virus

Penyebab Laptop Lemot

Seperti yang kita ketahui bahwa virus pada komputer dapat memperlambah performa hingga merusak komputer kita. Oleh sebab itu berhati-hatilah saat kamu sedang menerima file baik secara online mupun offline.

Baca Juga: 8 Cara Mencegah Komputer Agar tidak Terkena Virus

8.Antivirus yang Terlalu Aktif

Penyebab Laptop Lemot

Bagaimana cara mencegah virus masuk ke komputer? tentu saja dengan cara install antivirus. Akan tetapi antivirus yang terlalu aktif akan memperlambat komputer karena berjalan di background secara otomatis. Solusinya, kamu bisa menjadwalkan di waktu-waktu tertentu untuk melakukan scaning.

Baca Juga: 15 Software Antivirus PC Terbaik dan Paling Ringan

9.Kapasitas RAM Kecil

Penyebab Laptop Lemot

Faktor besarnya kapasitas RAM yang kamu miliki juga berpengaruh terhadap cepat lambatnya kinerja komputer kamu. Jika memungkinkan, gantilah RAM saat ini dengan RAM yang jauh lebih besar kapasitasnya.

Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Sering Hang

Setelah kamu tau apa penyebab laptop lemot, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop lemot dan sering hang. Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi laptop lemot.

1.Mengganti HardDisk Dengan SSD

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Salah satu hal yang membuat lamtop menjadi lambat, yaitu kecepatan data dari harddisk ke prosesor yang terlalu lambat. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu mengganti harddisk ke SSD.

Sudah banyak yang membuktikan bahwa cara ini dapat mempercepat laptop saat booting dan meningkatkan kinerja laptop.

2.Meningkatkan Kapasitas RAM

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Umumnya saat kamu membeli laptop, masih banyak yang di bekali dengan RAM 4GB atau bahkan 2GB. Jika melihat kebitihan softwre saat ini, setidaknya kamu membutuhkan kapasitas RAM sebesar 8GB.

Untuk itu cara mengatasi laptop lambat yang selanjutnya adalah dengan meningkatkan kapasitas RAM, minimal mencapai 8GB.

3.Melakukan Perawatan Hardware Secara Rutin

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Banyak orang yang melupakan hal ini. Ternyata jika ingin kinerja laptop tetap cepat kamu harus melakukan perawatan secara rutin. Setidaknya kamu melakukan hal ini setahun sekali.

Lakukan pembersihan mulai dari kipas, motherboard hingga melakukan penggantiian thermal paste. 

4.Reset atau Install Ulang Windows Jika Sudah Parah

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Salah satu penyebab laptop lemot, yaitu  karena sistem opersi yang di gunakan mengalami error. Hal ini bisa terjadi karena pemakaian software yang tidak optimal atau tidak sebagaimana mestinya.

Jika sudah terlalu parah, maka melakukan reset atau install ulang windows bisa jadi cara mengatasi laptop lemot.

5.Menggunakan Sistem Operasi yang Ringan

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Salah satu yang menentukan performa laptop adalah sistem operasi yang di gunakan. Sistem operasi Windows memang sangat produktif, tapi terus terang terlalu lambat.

Jika laptop kamu tergolong memiliki spesifikasi pas-pasan maka sebaiknya kamu menggunakan Linux seperti Endless OS.

6.Rutin Melakukan Scanning Dengan Antivirus

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Hal yang paling umum yang menyebabkan laptop lambat adalah virus yang menumpuk di dalam komputer. Virus membuat laptop kamu harus bekerja ekstra, sehingga jika kamu membutuhkan maka laptop akan terasa lambat.

Jadi cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah dengan rutin melakukan scanning dengan antivirus.

Baca Juga: 6 Cara Menghapus Virus di Laptop Secara Tuntas

7.Uninstall Terhadap Software yang tidak Perlu

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Saat memakai laptop, kamu pasti sering install software baru yang bahkan kamu belum tentu membutuhkannya di kemudian hari.

Oleh karena itu, untuk menjaga agar laptop bisa berjalan dengan lancar maka kamu harus melakukan uninstall terhadap software-software yang tidak terpakai.

8.Memakai Software Versi Lama

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Pasti kamu juga setuju kalau software yang selalu mendapatkan update maka akan tersedia fitur baru. Tapi perlu kamu ketahui, bahwa fitur baru tersebut belum tentu kamu butuhkan dan kamu pakai.

Satu yang pasti software yang terus menerus mendapatkan update maka akan terasa berat saat di gunakan. Oleh karena itu memakai software versi lama untuk mengatasi laptop lemot.

9.Pakai Software untuk Mempercepat Kinerja

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, pemakaian yang tidak optimal juga menjadi penyebab laptop lambat. Oleh karena itu agar pemakaian jadi lebih optimal, kamu bisa menggunakan berbagai software pendukung kinerja sebagai cara mengatasi laptop lemot.

Contohnya seperti CCleaner, Advance System Care dan masih banyak lagi.

Nah, itu tadi adalah ulasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi laptop lemot. Jika memang cara di atas tidak terlalu memberikan dampak yang besar, bisa jadi umur laptop yang kamu gunakan sudah terlalu tua dan minta beli yang baru.