Informasi Seputar Teknologi dan Tips Trik

6 Cara Menghilangkan Virus di Laptop Dengan Tuntas

6

Cara Menghilangkan Virus di Laptop Dengan Tuntas – Virus menjadi salah satu momol yang menakutkan bagi sebagian pengguna laptop, di karenakan virus dapat menurunkan kinerja laptop, dapat menghilangkan beberapa data-data penting dan masih banyak lagi masalah yang di timbulkan dari virus. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui bagaimana cara menghilangkan virus di laptop agar perangkat kamu terbebas dari virus-virus berbahaya.

Salah satu contoh penyebaab virus dapat menyerang perangkat laptop kamu adalah ketika kamu sedang mengunduh file seperti software yang ternyata di dalamnya sudah di sisipi virus berbahaya yang akan menginfeksi prangkat laptop kamu.

Berikut ini adalah beberapa virus yang sering di temukan menyerang perangkat laptop.

1.Worm

Worm adalah salah satu jenis virus yang bisa menyebar tanpa memerlukan adanya interaksi khusus dari para penggunanya. Kebanyakan virus jenis ini mulanya dari infeksi yang berasal dari kiriman email yang di terima oleh seorang pengguna laptop. Ketika file tersebut di jalankan maka virus jenis worm ini akan mulai menginfeksi dan menyebar paada perangkan laptop kamu.

2.Spyware

Spyware merupakan sebuah program virus yang dapat menginstall dirinya sendiri pada perangkat yang sudah terinfeksi tanpa sepengetahuan penggunanya. Virus jenis ini dapat melakukan tindakan berupa merubah konfigurasi laptop maupun mengumpulkan semua data-data pribadi sang pengguna.

3.Trojan

Trojan merupakan sebuah virus yang memiliki kemampuan untuk meyembunyikan dirinya di dalam sebuah program lainnya yang terdapat di dalam perangkat. Selain itu, virus jenis ini juga memiliki kemampuan untuk memasuki perangkat pengguna tanpa membutuhkan interaksi penuh dari penggunanya.

Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Lalu bagaimana cara menghilangkan virus di laptop yang sudah terlanjur menginfeksi dan menyebar di dalam laptop? Nah, pada artikel kali ini Gentooz sudah punya Cara Menghilangkan Virus di Komputer dengan tuntas dan cepat.

1.Gunakan Command Prompt

Menggunakan Command Prompt merupakan salah satu alterntif cara menghilangkan virus di laptop karena kamu tidak membutuhkan software anti virus sebelumnya. Kamu bisa mengiikuti langkah-langkah di bawah ini agar tidak salah dalam mengaplikasikan cara tersebut.

  • Langkah pertama, klik starn lalu ketikkan CMD, Jika sudah, selahkan klik kanan dan menjalankan sebagai administrator dengan memilih Run as Administrator.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop
  • Misalkan yang akan kamu tuju adalah Driver D, maka ketikkan dir D: attrib -s -h /s /d dalam kolom yang tersedia lalu tekan enter. Jika kamu ingin memerikya drivver yang lain tinggal ganti saja huruf D dengan lokasi driver yang ingin kamu periksa.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop
  • Jika sudah, maka secara otomatis command prompt akan mengeksplrasi driver yang di pilih dan akan memuat semua file yang ada di dalam driver tersebut.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop
  • Berikutnya silahkan kamu cari file yang menurutmu mencurigakan dengan format EXE, yang di mana kamu tidak pernah merasa menginstall sebelumnya, hapus lewat command prompt ini.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop
  • Jika tidak bisa di hapus, kamu bisa cari pada menu Run dan hapus file tersebut. Selain itu kamu juga bisa menggunakan Regedit dengan cara Start > Run > Regedit > Edit > Find > masukkan nama file virus yang kamu temukan dalam command prompt, lalu hapus semua registry yang ada termasuk folder di dalamnya.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop

2.Matikan Promgam Mencurigakan Lewat Task Manager

Cara menghilangkan virus di laptop selanjutnya adalah dengan memeriksa virus menggunakan task manager, cara ini juga tidak membutuhkan software anti virus sebelumnya. Simak langkah-langkah cara menggunakan task manager untuk mendeteksi virus di dalam perangkat.

  • Langkah pertama adalah deengan masuk ke task manager dengan cara tekan Ctrl + Shift + Esc. Periksa jika ada program yang mencurigakan, segera hentikan program tersebut.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop
  • Kemudian jalankan MSConfig dengan cara klik File > Run New Task.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop
  • Langkah selanjutnya, setelah masuk ke System Configuration, masuklah ke opsi Service. Kamu di haruskan untuk menghapus semua kolom centang yang mencurigakan. Misalnya saja, program yang tidak pernah kamu install tapi terdapat dalam pilihan tersebut.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop
  • Berikutnya, kamu harus masuk ke Startup. Di sini kamu akan melihat file yang menurut kamu mencurigakan. Tandai file yang mencurigakan tersebut.
  • Selanjutnya kamu masuk ke Command Prompt, lalu cari file dengan nama yang mencurigakan tersebut. Hapus file tersebut melalui CMD, sama seperti cara pertama di atas.

3.Cara Menghilangkan Virus Di Laptop Dengan Antivirus

Selain menggunakan cara manual seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, kamu juga bisa menggunakan software antivirus untuk menghilangkan virus berbahasa dengan mudah dan cepat.

Misalnya saja kamu menggunakan software antivirus seperti Avast, KasperSky, Avira, AVG, Norton dan lainnya. Gunakan satu antivirus saja yang menurutmu terbaik dan jangan lupa untuk selalu uppdate secara berkala. Jangan lupa untuk melakukan scanning dengan menjalankan antivirus.

Jadi jika ada virus yang mencoba untuk menginfeksi perangkat kamu, maka antivirus akan menghapus semua file-file yang berkaitan dengan virus tersebut. Cara ini lebih mudah dan cepat karena kamu tinggal klik scanning saja.

Baca Juga: 11 Antivirus PC Terbaik Paling Ringa dan Gratis

4.Format Partisi

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan format terhadap partisi yang di duga telah terinfeksi virus. Cara yang satu ini tergoong beresiko dan tidak menjamin semua virus akan terhapus dan hilang dari perangkat laptop kamu.

Tetapi cara ini bisa kamu coba, jika permasalahannya adalah virus yang bersembunyi di dalam flashdisk ataupun memori card. Cara ini akan menghapus semua file di dalam partisi, tapi daripada virus semakin menyebar dan mengakibatkan kerusakan yang lebih besar, cara ini layak di coba.

Baca Juga: 8 Cara Mencegah Komputer Agar Tidak Terkena Virus

5.Install Ulang

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan virus di laptop dan mungkin jadi salah satu terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan install ulang pada laptop kamu. Install ulang ini bisa kamu lakukan jika infeksi virus pada windows sudah sangat parah dan bahkan software antivirus sudah tidak bisa menanganinya.

Pastikan sebelum kamu melakukan cara ini kamu sudah melakukan backup terhadap semua data-data penting di dalam laptop kamu. Dengan demikian jika kamu melakukan instalasi ulang, maka data-data penting kamu tetap aman.

6.Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Sebelum lebih jauh, alangkah baiknya kamu mengetahui apa itu virus Shortcut. Virus shortcut bekerja dengan cara menyembunyikan file asli yang ada di dalam komputer ataupun flashdisk. Proses menyembunyikannya di lakukan dengan cara mengubah file atribut menjadi supper hidden. Berikutnya, virus tersebut akan menduplikat file tersebut dengan bentuk shortcut.

Berbeda dengan cara kerja virus lainnya, virus ini tidak akan merusak file. Hanya saja di sembunykan dalam bentuk supper hidden. Jadi jika komputer kamu tidak di seting untuk bisa menampilkan attribut dengan bentuk supper hidden, maka seolah-olah file aslinya akan menghilang.

Virus ini dapat timbul karena Flashdisk yang di gunakan sudah terinfeksi lewat perangkat lainnya. Bisa saja komputer yang awalnya bersih dari virus, tetapi saat di hubungkan dengan Flashdisk yang sudah terinfeksi virus shortcut. Jika komputer sudah terinfeksi, lalu bagaimana cara menghilangkan virus shortcut? Simak caranya di bawah ini.

Berikut ini cara menghilangkan virus shortcut tanpa software:

  • Langkah pertama, tancapkan terlebih dahulu Flashdisk ke perangkat kamu.
  • Selanjutnya kamu harus masuk ke command prompt dengan cara masuk ke menu pencarian dan ketikkan CMD.
  • Setelah masuk ke halaman command prompt, terlebih dahulu kamu harus cek posisi dari Flashdiks kamu. Jika posisi Flashdisk kamu berada di partisi H, maka ketikkan H: dan tekan enter.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop
  • Kemudian ketikkan perintah attrib -s -h -r -a * . * /s /d dan tunggu prosesnya hingga selesaii.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop
  • Setelah itu cek Flashdisk kamu. Apakah semua folder sudah kembali dengan normal? Selanjutnya hapus file yang menurutmu aneh dan kamu tidak merasa menyimpan file tersebut di dalam Flashdisk.

Silahkan kamu terapkan cara menghilangkan virus di laptop yang menurut kamu paling mudah untuk di lakukan. Karena ada banyak sekali jenis virus, ada yang memang mudah untuk di tangan ada pula yang sulit di tangani. Maka alangkah baiknya kamu mencoba lebih dari satu cara.