Gentooz
Gentooz adalah sebuah situs portal berita yang menyajikan informasi seputar Bisnis, Travel, Lifestyle dan Teknologi.

6 Cara Menghilangkan Virus di HP Dengan Mudah dan Tuntas

0 72

Virus bukan hanya menjadi momok menakutkan bagi para pengguna komputer saja. Faktanya smartphone juga dapat di serang oleh virus yang tentunya bisa mengakibatkan kerusakan pada smartphone. Apalagi jenis virus selalu berkembang saja setiap harinya, mulai dari yang mudah untuk di tangani hingga virus yang sangat bandel dan sulit untuk di hilangkan. Lalu bagaimana cara menghilangkan virus di HP?

Ada banyak sekali cara untuk menghilangkan virus yang menginfeksi HP kita. Mulai dari dengan memanfaatkan aplikasi antivirus yang banyak tersedia di Google PlayStore hingga cara manual yang juga patut di coba. Nah, pada artikel kali ini Gentooz sudah punya beberapa Cara Menghilangkan Virus di HP Dengan Mudah dan Tuntas yang bisa kamu coba.

Cara Menghilangkan Virus di HP

Cara menghapus virus di HP dalam artikel sudah terbukti dapat menghilangkan virus baik itu virus biasa maupun virus yang sulit untuk di hilangkan. Lalu apa saja caranya? Simak cara menghilangkan virus di HP berikut ini.

1.Menggunakan Aplikasi Antivirus

Cara Menghilangkan Virus di HP

Cara menghilangkan virus di HP yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus. Ada banyak sekali aplikasi antivirus gratis yang tersedia di PlayStore. Cara ini bisa di bilang yang paling mudah, karena kamu hanya perlu satu kali klik dan antivirus akan melakukan scanning untuk mencari aplikasi yang ada di dalam smartphone kamu.

Cara yang satu ini juga tergolong sulit jika virus yang menginfeksi ponsel pintar android kamu bandel atau sulit untuk di basmi. Jika memang seperti itu, maka kamu bisa mengikuti cara menginstal virus di HP yang selanjutnya.

Baca Juga: 11 Aplikasi Antivirus Terbaik dan Paling Ampuh di Android

2.Masuk ke Safe Mode

Cara Menghilangkan Virus di HP

Masuk ke safe mode akan memungkinkan android kamu untuk beroperasi lebih ringan karena hanya menjalankan aplikasi inti bawaan dari smartphone saja. Saat berada dalam Safe Mode, maka semua aplikasi yang terpasang di smartphone kamu akan menghilang untuk sementara.

Jadi pada saat kamu berada pada Safe Mode, kamu dapat secara leluasa berpindah antara satu sistem ke sistem lain tanya adanya kendala. Selain itu, Safe Mode juga akan memudahkan kamu untuk mengecek atau menghapus file-file yang tidak penting, seperti file cache hingga menghapus virus di HP.

Cara masuk ke Safe Mode di setiap perangkat Android berbeda-beda. Tapi rata-rata biasanya menggunakan kombinasi tombol power dan volume saat melakukan booting. Jika masih bingung, kamu bisa cari di Google cara masuk ke safe mode berdasarkan tipe smartphone yang kamu gunakan.

Baca Juga: 20 Aplikasi Keamanan Paling Populer untuk Android

3.Cek Aplikasi di Safe Mode

Cara Menghilangkan Virus di HP

Setelah masuk ke Safe Mode, silahkan cep aplikasi yang terpasang di smartphone kamu. Caranya masuk ke Setting – Apps, lalu pilih tab Downloaded. Sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga dalam safe mode, tapi karena virus masuk dalam sistem, maka virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga namun dapat menjalankan fungsi sistem. Jika, smartphone kamu sudah terinfeksi virus, maka akan muncul aplikasi yang sebelumnya tidak pernah kamu install.

4.Hapus Aplikasi Asing yang Mencurigakan

Cara Menghapus Virus di HP

Jika kamu sudah menemukan aplikasi asing tersebut, maka selanjutnya kamu harus menghapus aplikasi dengan cara tap Uninstall. Pada satu kasus saat kamu ingin menghapus virus di android kamu mungkin akan menemukan bahwa aplikasi tersebut tidak dapat di hapus. Karena aplikasi tersebut sudah memiliki Akses Administrator.

5.Hapus Akses Administrator Aplikasi Asing

Cara Menghapus Virus di HP

Saat kamu menemukan aplikasi asing yang memberikan akses administrator pada dirinya sendiri, tugas kamu adalah untuk menghapus akses tersebut. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu Setting – Security – Device Administrator.

Lalu hentikan akses administrator terhadap aplikasi yang mencurigakan tersebut. Selanjutnya masuk ke menu Application Settings, periksa aplikasi mencurigakan tersebut, seharusnya aplikasi tersebut sudah bisa kamu hapus.

6.Keluar Safe Mode

Setelah proses penghapusan aplikasi mencurigakan sudag sekesai, selanjutnya kamu tinggal keluar dari Safe Mode. Caranya tinggal melakukan Restart seperti biasa.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara menghilangkan virus di HP dengan mudah dan tuntas yang bisa kamu coba untuk menghilangkan semua virus yang menginfeksi smartphone android kamu. Jangan lupa, untuk selalu menjaga smartphone kamu dari serangan virus.