Gentooz
Gentooz adalah sebuah situs portal berita yang menyajikan informasi seputar Bisnis, Travel, Lifestyle dan Teknologi.

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Jarak Jauh

0 2.659

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap – Dengan menggunakan sistem Enkripsi end to end, membuat pengguna WhatsApp bisa mengetahui kalau WhatsApp miliknya telah di sadap. WhatsApp jadi aplikasi pesan instan paling banyak di gunakan oran. Oleh sebab itu, tak heran kalau ada orang yang tidak bertanggung jawab yang berusaha menyadap WhatsApp kita.

WhatsApp sendiri memiliki sistem keamanan yang sangat mumpuni. Namun meski begitu masih ada saja orang yang punya akal cerdik untuk mengakali sistem keamanan dari WhatsApp untuk menyadap akun orang lain. Nah, di artikel kali ini Gentooz akan memberikan tips bagaimana cara mengetahui WhatsApp disadap jarak jauh oleh orang lain.

Cara Mengetahui WA Disadap Jarak Jauh

Bagi pengguna yang masih awam mungkin tidak akan mengetahui kalau akun WhatsApp miliknya sudah di sadap orang lain. Padahal sebenarnya kamu bisa mengetahui kalau akun WhatsApp kamu telah di sadap. Nah, berikut ini adalah bagaimana cara mengetahui WhatsApp diblokir dari jarak jauh.

1.Pesan Sudah di Baca Padahal Belum di Buka

Jika ada pesan baru yang masuk ke WhatsApp kamu dan telah di baca, padahal kamu sendiri tidak merasa telah membukanya, Ini bisa jadi indikasi kalau akun WhatsApp kamu sudah di sadap orang lain dari jarak jauh. Kamu bisa mengetahui pesan yang sudah di baca dari tanda centang yang telah berubah menjadi centang dua pada pesan tersebut.

Fungsi dari tanda centang ini sendiri adalah sebagai penanda bahwa pesan telah di baca, namun apabila kamu merasa belum pernah membukanya. Kamu perlu berhati-hati bisa jadi kamu telah di sadap.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Status Online di WhatsApp Dengan Mudah

2.WhatsApp Web Aktif di Perangkat Lain

Cara mengetahui WA disadap yang berikutnya adalah dengan memastikan WhatsApp kita tidak terhubung dengan perangkat lain, seperti PC dan Laptop. WhatsApp Web adalah salah satu fitur yang di keluarkan oleh pihak WhatsApp yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam menjalankan WhatsApp di perangkat desktop mereka. Fitur ini bisa jadi alat untuk menyadap WhatsApp kamu. Jika kamu ceroboh dan malah login ke perangkat orang lain.

Hal ini tentu saja akan memudahkan orang lain untuk menyadap WhatsApp kamu. Apalagi jika kamu lupa logout atau keluar dari perangkat tersebut. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa ikuti langkah berikut ini.

  1. Jalankan aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel pintar kamu.
  2. Kemudian klik ikon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih WhatsApp Web.
  3. Setelah itu, kamu bisa melihat history WhatsApp kamu pada perangkat lain.

Jika WhatsApp kamu di akses dari perangkat lain yang tidak kamu kenali atau bukan dari perangkat milikmu, segera lakukan tindakan agar tidak terjadi penyadapan. Cara ini akan membuat kamu mengetahui perangkat mana saja yang telah terhubung dengan akun WhatsApp kamu.

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi penyadapan yang terjadi di akun kamu. Berikutnya adalah kamu harus tau bagaimana cara menghindari penyadapan akun WhatsApp oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: 2 Cara Menyembunyikan Chats WhatsApp Dengan Mudah

Cara Menghindari Penyadapan Akun WhatsApp

Setelah paham bagaimana cara mengetahui WA disadap berikutnya kamu juga perlu tahu bagaimana menghindari penyadapan akun WhatsApp. Sebenarnya WhatsApp sendiri sudah memiliki sistem keamanan yang cukup mumpuni untuk melindungi akun setiap penggunanya. Jadi keamanan para pengguna sudah di jamin oleh pihak WhatsApp. Jika memang akun berhasil di sadap, maka kesalahan terjadi pada pengguna itu sendiri.

Tapi kamu tidak perlu khawatir dengan mengikuti tips di bawah ini, maka akun WhatsApp kamu di jamin aman dan tidak akan di sadap oleh orang lan.

1.Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap

WhatsApp sendiri sudah menyediakan fitur verifikasi dua langkah yang bisa di aktifkan untuk meningkatkan pengamanan akun kamu. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, saat kamu melakukan verifikasi nomor WhatsApp maka kamu harus menyertakan PIN yang telah di buat dalam fitur ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel pintaar kamu.
  2. Setelah itu klik ikon titik tiga di bagian sudut kanan atas dan pilih menu Setelan.
  3. Di menu setelan, pilih opsi Akun.
  4. Kemudian kamu klik pada opsi Verifikasi Dua Langkah.
  5. Lalu kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut.
  6. Setelah kamu mengaktifkan fitur ini, berikutnya kamu bisa membuat PIN dengan kombinasi angka yang sulit di tebak orang lain.
  7. Klik lanjut dan masukkan kembali PIN yang telah kamu buat sebelumnya.
  8. Setelah itu, masukkan alamat email yang di gunakan untuk mem-backup data WhatsApp kamu. Email ini sangat berguna jika kamu lupa dengan PIN yang sudah di buat.
  9. Klik lanjut dan masukkan kembali email, kemudian klik Simpan.
  10. Terakhir klik Selesai. Sekarang kamu sudah berhasil mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah pada WhatsApp kamu.

Dengan mengaktifkan fitur ini, tentu saja akun WhatsApp kamu akan jadi jauh lebih aman dari tindakan penyadapan. Terlebih lagi harus memasukkan PIN yang sudah di buat untuk melakukan login, di jamin si penyadap tidak akan mengetahui PIN yang sudah kamu buat.

Jadi jika ada email masuk yang meminta perubahan PIN atau meminta menonatifkan verifikasi dua langkah, maka di abaikan saja. Karena email tersebut akan masuk jika ada orang lain yang mencoba untuk mesuk ke WhatsApp secara paksa.

2.Keluar Dari Semua Perangkat WhatsApp Web

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap

WhatsApp Web adalah fitur yang di tawarkan oleh WhatsApp bagi pengguna yang ingin menjalankan WhatsApp lewat perangkat desktop.Karena menggunakan fitur ini sangat mudah, banyak orang yang memanaatkannya untuk menyadap akun orang lain.

Karena dengan hanya scan barcode kamu sudah bisa menikmati fitur WhatsApp Web di perangkat dekstop. Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu harus keluar dari semua perangkat WhatsApp Web.

  1. Jalankan aplikasi WhatsApp seperti biasa di ponsel pintar kamu.
  2. Kemudian buka menu WhatsApp Web dengan cara menekan icon titik tiga.
  3. Setelah itu klik keluar dari semua perangkat.

Ketika kamu menekan tombol keluar dari semua perangkat, maka semua koneksi WhatsApp Web akan terputus. Sehingga orang yang sedang menyadap akun kamu lewat WhatsApp Web tidak akan bisa mengaksesnya lagi.

3.Kunci Aplikasi WhatsApp

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap

Umumnya pengguna smartphone hanya menggunakan fitur lockscreen pada smartphonenya dan tidak menggunakan app lock untuk mengunci aplikasi dengan password. Padahal ini adalah tindakan yang cukup berisiko, karena orang lain bisa dengan mudah membuka aplikasi yang terinstall.

Bagi kamu yang ingin mengamankan privasi di semua aplikasi, tentu kamu tidak hanya membutuhkan lockscreen saja. Agar privasi di semua aplikasi tetap terjaga, maka kamu harus mengaktifkan pengamanan pada aplikasi.

  1. Masuk ke menu Pengaturan yang ada di smartphone kamu.
  2. Kemudian masuk ke Pengaturan Keamanan dan pilih opsi Kunci Aplikasi.
  3. Setelah itu buat pola yang mudah kamu ingat namun sulit di tebak oleh orang lain, lalu klik berikutnya.
  4. Kemudian tambahkan akun MI jika sewaktu kamu lupa katansandi.
  5. Aktifka pengunci dengan cara menekan tombol yang ada di sebelah icon aplikasi WhatsApp atau aplikasi lain yang ingin di kunci.
  6. Selesai, kini aplikasi kamu sudah di berikan pengamanan yang lebih baik.

Setelah mengaktifkan fitur ini, maka setiap kali kamu membuka aplikasi terlebih dahulu harus memasukkan pola yang sudah di buat sebelumnya.

Baca Juga: 10 Aplikasi Pengunci Layar Terbaik dan Paling Aman di Android

Catatan:

Langkah di atas menggunakan smartphone Realme yang memiliki fitur keamanan bawaan untuk mengunci aplikasi. Jadi jika smartphone kamu tidak memiliki fitur pengunci aplikasi, kamu bisa menggunakan aplikasi app lock yang banyak tersedia di PlayStore.

Hal yang Harus di Lakukan jika WhatsApp Disadap

Beberapa hal di bawah ini harus kamu lakukan jika WhatsApp kamu sudah di sadap orang lain. Tentu yang paling penting jangan panik dan ambil keputusan yang terbaik.

  • Periksa apakah ada WhatsApp Web yang aktif, jika ada segera matikan atau keluar dari semua perangkat.
  • Periksa apakah ada aplikasi yang terinstall tanpa sepengetahuan kamu. Karena bisa saja ada orang lain yang sengaja menginstall aplikasi tersebut dengan tujuan penyadapan.
  • Cek daftar email yang terhubung dengan smartphone kamu, mungkin saja ada email yang bukan milikmu. Segera hapus email tersebut dari smartphone kamu.
  • Segera aktifkan fitur keamanan verifikasi dua langkah dan berikan keamanan lebih pada aplikasi WhatsApp kamu.

Nah, itu tadi adalah bagaimana cara mengetahui WhatsApp disadap orang lain dari jarak jauh. Karena saat ini ada banyak orang yang tidak bertanggung jawab yang berusaha untuk melakukan tindakan kejahatan, salah satunya adalah penyadapan. Jadi alangkah baiknya kamu selalu mengamankan semua akun sosial media kamu, termasuk WhatsApp.