Gentooz
Gentooz adalah sebuah situs portal berita yang menyajikan informasi seputar Bisnis, Travel, Lifestyle dan Teknologi.

6 Cara Mencegah Baterai Kembung Pada Smartphone

0 7

Cara Mencegah Baterai Kembung Pada Smartphone – Seiring berkembangnya teknologi, handphone yang dulu baterainya sanggup bertahan berhari-hari tapi saat ini paling hanya seharian saja. Smartphone memang di lengkapi dengan berbagai teknologi canggih untuk memudahkan para penggunanya, tapi sisi minus dari smartphone adalah baterai yang sangat cepat habis.

Hal ini bukan karena kualitas baterai smartphone yang buruk, tapi karena smartphone aktif untuk melakukan sinkronisasi data. Akibatnya daya tahan baterai smartphone jadi cepat sekali habis. Agar baterai pada smartphone bisa bertahan lama, penting sekali buat kamu untuk mengetahui bagaimana Cara Mencegah Baterai Kembung Pada Smartphone yang akan di bahas pada artikel Gentooz kali ini.

Mengapa Baterai Bisa Kembung?

Baterai kembung bukan berarti baterainya salah makan atau kebanyakan makan. Baterai kembung merupakan istilah untuk menggambarkan baterai pada perangkat atau gadget yang ukurannya membesar atau menggembung.

Rata-rata baterai pada smartphone menggunakan baha Lithium-ion, bahan inilah yang memicu baterai untuk kembung. Secara umun baterai bisa kembung karena adanya kelebihan daya. Lithium-Ion bekerja secara tidak baik jika kelebihan daya.

Reaksi ini menghasilkan panas yang membuat gas di dalam baterai menjadi hangat. Inilah yang menyebabkan ukuran baterai menjadi menggembung. Apalagi baterai tidak memilki ventilasi untuk membuang gas tersebut.

Nah, beruntungnya kita yang memiliki smartphone keluaran terbaru saat ini, karena terdapat fitur yang bisa mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah fitur berhhenti mengisi ulang otomatis setelah daya terisi penuh.

Bagaimana Cara Mencegah Baterai Kembung?

Pasti sangat menjengkelkan padahal baru beberapa bulan menggunakan baterai smartphone tapi sudah ganti baru karena baterai bocor. Jika tidak segera di ganti, baterai smartphone yang bocor akan berakibat fatal pada komponen smartphone yang kemudian bisa berimbas besar ke performanya.

Agar kamu tidak keluar uang lagi gara-gara baterai smartphone kembung. Yuk, simak cara mencegah baterai kembung pada smartphone.

1.Hindari Overheat

Cara Mencegah Baterai Kembung

Jika di gunakan terus-menerus dan tidak di berikan waktu untuk istirahan maka smartphone bisa mengalami overheat. Bahkan beberapa smartphone rentan terkena overheat padahal tidak di gunakan, karena kasus wakelock.

Selain aplikasi penyebab wakelock, penggunaan kamera secara terus-menerus juga bisa mengakibatkan smartphone overheat. Hak itu karena sensor pada kamera akan memaksa prosesor pengolah gambar untuk memprosesnya dengan cepat. Oleh karena itu gunakan kamera saat di butuhkan dan tutup jika tidak di gunakan.

2.Jangan Gunakan Smartphone Saat di Isi Ulang

Cara Mencegah Baterai Kembung

Tips mencegah baterai kembung selanjutnya adalah sebaiknya smartphone dalam keadaan mati atau tidak di gunakan sama sekali saat sedang di isi ulang dayanya. Tapi kebanyakan orang sering menggunakan smartphone mereka pada saat di isi ulang.

Jika terlalu sering menggunakan smartphone saat di isi ulang, maka bisa berimbas pada baterai smartphone bocor dan kembung. Untungnya untuk smartphone keluaran terbaru saat ini, risiko ini bisa di atasi jadi kamu tetap aman menggunakan smartphone selagi di isi ulang.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Baterai Bocor Dengan Mudah Pada Android

3.Jangan Keseringan Biarkan Baterai Kosong

Cara Mencegah Baterai Kembung

Sesekali kamu memang harus membiarkan baterai smartphone kosong untuk melakukan kalibrasi. Tapi ingat proses kalibrasi baterai smartphone ini hanya boleh di lakukan satu sampai dua kali saja dalam satu bulan.

Jika terlalu sering membiarkan baerai smartphone dalam kondisi kosong maka bisa berakibat pada lamanya proses pengisian baterai, sehingga bisa memicu panas yang berlebih dan bisa membuat baterai smartphone bocor.

4.Jangan Charge Baterai Semalaman

Cara Mencegah Baterai Kembung

Kapasitas listrik berlebih pada saat mengisi ulang semalaman akan memicu overheat pada charger dan menyebabkan panas menyebar ke permukaan bodi smartphone.

Smartphone saat ini memang sudah di bekali dengak teknologi auto-cut off saat daya telah terisi penuh. Tapi ada baiknya untuk berjaga-jaga supaya baterai tidak kembung.

Baca Juga: 4 Jenis Baterai Smartphone Paling Awet dan Tahan Lama

5.Gunakan Charger Asli

Cara Mencegah Baterai Kembung

Penggunaan adater charger yang tida sesuai akan memicu aliran listrik yang berlebih sehingga bisa membuat konetor charger kaget. Salah satu cara yang bisa membantu kamu dalam membedakan antara charger asli dan palsu adalah harganya.

Tentu saja harga charger KW memiliki harga yang jauh lebih murah dari harga charger aslinya. Belilah di counter aslinya untuk mendapatkan charger yang asli.

6.Hindari Tempat yang Menghasilkan Panas

Cara Mencegah Baterai Kembung

Cara mencegah baterai kembung yang berikutnya adalah dengan menghindari tempat-tempat yang menghasilkan panas. Beberapa alah elektronik yang bisa menghasilkan panas seperti kulkas, CPU dan dashboard mobil, saat panas rentan sekali memberikan radiasi ke smartphone.

Agar baterai tidak kembung apalagi boocor, hindari meletakkan smartphone di tempat seperti itu. Suhu yang ideal untuk meletakkan smartphone berkisar antara 16 sampai 22 derajat celsius. Baterai smartphone bisa overheat jika di letakkan di tempat dengan suhu lebih dari 35 derajat celsius.

Apa yang di Lakukan Jika Baterai Sudah Kembung?

Sekali menggembung baterai tidak akan bisa kembali ke bentuknya semula. Apalagi jika baterai mmegelembung berpotensi untuk mengeluarkan zat-zat yang berbahaya yang terkandung di dalam baterai.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah menggantinya dengan baterai baru otiginal, karena baterai KW sangat berpotensi untuk menggelembung. Pada dasarnya masa pakai baterai itu memang terbatas, jadi memang harus di ganti kalau sudah pada waktunya.

Kalaupun bergaransi, kamu bisa menukarkannya ke toko resmi. Kalau tidak kamu bisa membuangnya. Tapi ingan baterai bekas jangan di buang sembarangan. Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, kalau baterai mengandung banyak sekali zat beracun di dalamnya. Jadi jika kamu membuang sembarangan, khawatirnya bisa berdampaak bagi makhluk hidup lain.

Lalu bagaimana dengan baterai tanam yang tidak bisa di lepas begitu saja? Sama saja kamu bisa pergi ke tempat servis resminya untuk di ganti dengan baterai baru.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara mencegah baterai kembung pada smartphone sekaligus bagaimana cara menangani baterai yang sudah terlanjur kembung. Baterai ibarat jantung bagi smartphone, jadi selalu rawat dengan baik. Jangan hanya bisa menggunakan tapi juga harus bisa merawatnya.