2 Cara Membuat Status di WhatsApp Dengan Mudah

Cara Membuat Status di WhatsApp – WhatsApp pada awalnya hanya sekedar aplikasi chatting saja. Namun saat ini, WhatsApp sudah punya banyak sekali fitur di dalamnya, salah satunya adalah fitur membuat status. Fitur yang satu ini memungkinkan para pengguna untuk membuat story atau status di WhatsApp.

Namun bagi para pengguna baru WhatsApp tentu akan sedikit kebingungan dengan fitur status ini. Padahal sebenarnya untuk membuat status di WhatsApp sangatlah mudah sekali. Nah, di artikel kali ini Gentooz sudah punya ulasan lengkap bagaimana cara membuat status di WhatsApp dengan mudah.

Cara Membuat Status di WhatsApp Terbaru

Status di WhatsApp sangat berguna jika kamu ingin membagikan aktivitasmu ke orang lain melalui WhatsApp. Kamu bisa membagikan status baik berupa tulisan, foto maupun video pendek. Berikut ini bagaimana cara membuat status di WhatsApp dengan mudah.

1.Membuat Status Video dan Foto

Cara Membuat Status di WhatsApp

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya kalau para pengguna di bebaskan untuk membuat status baik berupa foto maupun video. Nah, kali ini kita akan membuat status di WhatsApp dengan menggunakan foto dan video.

  1. Jalankan aplikasi WhatsApp seperti biasa di ponsel pintar kamu.
  2. Kemudian berikutnya tab pada bagian Status. Kamu juga bisa langsung menekan icon kamera di bagian paling kiri.
  3. Kedua fitur tersebut memiliki fungsi yang sama. Hanya saja pada icon kamera kamu hanya bisa membuat status berupa foto dan video saja. Sedangkan di tab Status kamu bisa membuat status, melihat status yang ssudah di buat dan juga melihat status orang lain.
  4. Setelah masuk ke tab Status berikutnya tap opsi Status Saya dengan icon kamera untuk membuat status foto dan juga video.
  5. Kemudian kamera akan terbuka secara otomatis.
  6. Di sini kamu bisa mengambil foto secara langsung dengan menekan tombol lingkaran.
  7. Sedangkan untuk membuat status video secara langsung kamu hanya perlu tekan dan tahan tombol lingkaran tersebut.
  8. Di dalam tampilan ini juga terdapat fitur di mana kamu bisa menghidupkan dan mematikan fitur Flash.
  9. Selain itu kamu juga bisa mengambil foto selfie dengan cara menekan icon kamera yang ada di sebelah kanan bawah. Dengan begitu kamera akan beralih menjadi kamera depan. Untuk mengembalikannya kamu tinggal menekan icon kamera yang sama.
  10. Selain itu kamu juga bisa membuat status foto dan video lewatkoleksi galeri yang ada di smartphone kamu. Caranya adalah dengan memilih foto yang ada di tampilan depan kamera tersebut. Kamu bisa menggeser ke kiri untuk melihat koleksi lainnya.
  11. Untuk melihat semua koleksi foto yang ada di galeri smartphone. Kamu hanya perlu menekan tombol panah ke atas.
  12. Setelah selesai memilih foto atau video. Maka berikutnya akan tampil halaman untuk mengedit foto atau video tersebut.
  13. Ada beberapa opsi editing yang tersedia di aplikasi WhatsApp ini.
    • Crop berfungsi untuk memotong foto atau gambar yang akan di jadikan sebagai status. Tools ini tidak akan tampil pada status video.
    • Ada juga tools Stiker yang di sediakan oleh WhatsApp untuk menghiasi foto kamu. Tools ini juga akan tampil pada saat kamu mengedit video.
    • Kamu juga bisa menggunakan fitur Text untuk menambahkan tulisan pada foto. Tool ini juga akan kamu temukan pada saat mengedit video.
    • Terdapat juga tools Pensil yang bisa kamu gunakan untuk membuat coretan baik di foto maupun di video.
    • Ada juga tools Filter yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik foto dan juga video kamu.
  14. Setelah selesai mengedit foto atau video tersebut, berikutnya kamu tinggal menambahkan caption pada status. Caranya adalah dengan memilih Tambahkan Caption yang ada di bagian bawah.
  15. Setelah selesai menambahkan caption, berikutnya tinggal memposting status tersebut. Caranya adalah dengan menekan tanda panah yang ada di bagian pojok kanan bawah layar.
  16. Selesai, kini status foto atau video kamu berhasil di posting di WhatsApp.

Setelah berhasil di unggah kamu bisa langsung mengeceknya lewat tab Status. Status foto atau video akan hilang secara otomatis setelah 24 jam. Namun kamu juga bisa menghapus status tersebut.

Baca Juga: Cara Menyimpan Foto Dari WhatsApp ke Galeri

2.Membuat Status Tulisan

Cara Membuat Status di WhatsApp

Selain status foto dan video kamu juga bisa membuat status berupa tulisan. Status berupa tulisan ini juga sangat cocok buat kamu yang ingin menuliskan sesuatu. Kamu juga bisa memasukan link pada status tullisan tersebut. Berikut ini cara membuat status tulisan di WhatsApp.

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel pintar kamu.
  2. Kemudian tab menu Status yang ada di aplikasi WhatsApp.
  3. Kemudian kamu tinggal menekan ikon pensil yang ada di bagian bawah layar.
  4. Setelah muncul, tinggal tuliskan kalimat yang ingin kamu jadikan sebagai status.
  5. Kemudian kamu juga bisa menambahkan emoticon dengan cara menekan ikon emoji yang ada di bagian bawah.
  6. Selain itu kamu juga bisa mengganti jenis font yang di gunakan dengan menekan icon T yang berada di bagian bawah.
  7. Selain itu kamu juga bisa mengganti warna dari latar belakang dengan cara menekan tombol yang berada di sebelah kanan tombol T.
  8. Setelah selesai mengedit langkah terakhir kamu tinggal membagikannya dengan cara meneka tombol panah yang ada di bagian kanan layar.

Kamu bisa langsung mengecek status yang telah di buat dengan cara masuk ke tab Status untuk melihat status sendiri. Sama seperti sebelumnya, status juga akan hilang secara otomatis setelah kurun waktu 24 jam.

Baca Juga: Cara Membuat Tulisan Unik di WhatsApp Dengan Mudah

3.Cara Menyimpan Status WhatsApp Sendiri

Cara Membuat Status di WhatsApp

Sebenarnya secara default WhatsApp juga akan menyimpan status yang kamu bbuat pada ponsel pintar. Namun, status tersebut juga akan terhapus secara otomatis setelah kurun waktu 24 jam. Selain aan menghilang, status tersebut juga tidak akan muncul pada galeri di ponsel pintar kamu.

Oleh sebab itu, sebelum status akan di hapus secara otomatis setelah waktu 24 jam. Maka lebih baik kamu menyimpannya terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah bagaimana cara menyimpan status WhatsApp sendiri.

  1. Pertama kamu buka aplikasi File Manager atau penyimpanan yang ada di ponsel pintar kamu.
  2. Setelah itu masuk ke menu penyimpanan internal.
  3. Kemudian cari dan masuk ke folder WhatsApp.
  4. Setelah itu pilih folder media, kemudian pilih WhatsApp Image dan pilih Sent.
  5. Supaya status tersebut tidak hilang setelah 24 jam, kamu bisa memindahkannya ke folder lain.
  6. Setelah berhasil di pindahkan maka status tersebut tidak akan hilang setelah 24 jam. Apalagi kini kamu bisa melihatnya pada galeri ponsel pintar kamu.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara membuat status di WhatsApp dengan mudah. Dengan mengunggah status di WhatsApp maka kamu bisa memberitahu aktivitas yang sedang kamu lakukan bersama teman.

Tinggalkan komentar