Gentooz
Gentooz adalah sebuah situs portal berita yang menyajikan informasi seputar Bisnis, Travel, Lifestyle dan Teknologi.

11 Cara Agar Laptop Tidak Lemot dan Tetap Cepat

0 81

Cara Agar Laptop Tidak Lemot dan Tetap Cepat – Laptop, siapa yang tidak kenal dengan perangkat keras yang satu ini? Ya, perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia akan komputer sudah sukses membuat perangkat PC menjadi lebih mini dan sederhana yang mudah untuk di bawa ke mana saja. Laptos saat ini sudah sangat populer di gunakan oleh kebanyakan orang dan sudah bukan barang mewah lagi, mengingat kebutuhan teknologi saat ini sudah sangat besar.

Laptop juga saat ini sudah memiliki banyak variasi mulai dari merek yang standar dan hingga merek premium. dengan harga dan spesifikasi yang beragam. Namun seiring dengan berjalannya waktu, namun terkadang ada saja kendala seperti Laptop lemot atau lama dalam memproses apa-apa yang di minta oleh pengguna. sangat lambat dan kadang membuat pengguna jadi kesal dan juga bisa membuat frustasi karena menunggu terlalu lama. Lalu bagaimana cara agar laptop tidak lemot? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga laptop tetap cepat.

Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Nah, pada artikel kali ini akan di bagi menjaadi dua fase, yaitu fase dengan umur Laptop berumur di bawah 3 tahun dan Laptop dengan usia di atas 3 tahun. Penasaran apa saja hal-hal yang harus kamu lakukan agar Laptop tetap cepat dan tidak lemot.

Fase Laptop di Bawah Usia 3 Tahun

Laptop yang berusia di bawah 3 tahun masih tergolong sebagai laptop seri baru. di mana fitur dan spesifikasi yang ada masih uptodate. Namun, beberapa hal membuat laptop menjadi lemot, di samping dari spesifikasi bawaan laptop. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

1.Uninstall Software Tidak Terpakai

Salah satu penyebab dari laptop yang berusia di bawah usia 3 tahun menjadi lemot adalah karena banyaknya software yang terpasang, akibatnya Driver C pada laptop menjadi penuh dan bisa membuat sistem menjadi lama dalam membaca harddisk. Hal ini juga akan menyebabkan pembacaan data yang ada di dalam harddisk membutuhkan waktu yang lama.

Cara yang paling ampuh adalah dengan melakukan tidakan uninstall terhadap software yang tidak perlu atau jarang di gunakan. Biasanya software yang tidak terpakai ini terinstall secara tidak sengaja saat berselanjar di internet dan mengunduh sebuah file dari suatu website yang ternyata malah menginstall sebuah program yang tidak kita butuhkan.

2.Bersihkan Desktop

Banyaknya software yang di letakan di desktop juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan laptop jadi lemot. Apabila kamu memiliki laptop dengan kapasitas memori penyimpanan yang besar maka hal ini tidak jadi masalah.

Tapi terkadang karena terlalu banyak software yang terpasang di desktop membuat laptop menjadi lemot dalam memproses apa saja yang pengguna perintahkan.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak dan Tetap Awet

3.Gunakan Software Seperlunya

Penggunaan RAM yang berlebihan juga jadi salah satu faktor laptop menjadi lemot. Biasanya hal ini terjadi karena pengguna terlalu banyak membuka software berat dalam satu waktu, seperti bermain game sambil mendengarkan musik.

Hal ini tentu saja akan membuat laptop menjadi sangat lambat. Oleh karena itu, lakukan pembersihan RAM sebagai salah satu cara agar laptop tidak lemot dan kecepatannya tetap terjaga. Hapus atau hentikan software yang berjalan secara otomatis.

4.Remove Software di Startup

Startup merupakan suatu saat di mana laptop mulai beroperasi. Biasanya saat laptop sedang melakukan startup, software yang pertama kali berjalan adalah software penting seperti antivirus.

Nah, usahakan jangan terlalu banyak software yang masuk dalam startup, karena hal tersebut akan membuat laptop menjadi working in background yang akan menggunakan kapasitas RAM sangat besar.

5.Gunakan Software Sesuai Memori

Pengguna tentunya harus mengetahui spesifikasi dari laptop yang di milikinya. Serta pengguna juga harus menginsall software yang sesuai dengan spesifikasi laptop. Apalagi jika menginstall software yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada pada laptop, maka jangan heran kalau laptop laptop nantinya jadi lemot meskipu baru di miliki.

6.Rutin Scanning Virus

Rutin scanning virus juga jadi salah satu cara yang sangat penting dan harus di lakukan oleh para pengguna. Sebab ada beberapa virus yang bisa menyebabkan memori RAM menjadi semakin sempit, sehingga memicu laptop menjadi lebih lemot dari biasanya. Untuk itulah penggunaan antivirus sangatlah penting sebagai cara agar laptop tidak lemot dan tetap cepat.

Baca Juga: 8 Cara Mencegah Agar Komputer Tidak Terkena Virus Berbahaya

Fase Laptop Usia di Atas 3 Tahun

Laptop yang sudah berusia di atas 3 tahun akan mengalami penurunan dalam sektor performa. Hal ini tentu sangat wajar, apalagi jika laptop tersebut sering di gunakan untuk berbagai aktivitas. Nah, untuk menbantu agar laptop tidak emot terutama bagi kaptop yang sudah berusia lebih dari 3 tahun, maka bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1.Tingkatkan Kapasitas RAM

Cara yang paling ampuh dalam mengatasi laptop lemot adalah dengan meningkatkan kapasitas RAM. Kapasitas RAM yang lebih besar pada laptop akan mempercepat proses reading pada prosesor.

Hal ini juga akan sedikit meringankan kerja laptop, sehingga dapat mengurangi gejala lemot pada laptop. Namun perlu di perhatikan juga secara khusus, spesifikasi dan kapasitas maksimal RAM yang bisa di aplikasikan pada laptop kamu.

2.Pembersihan Pada Driver C dan Uninstall Software Besar

Pembersihan Driver C juga hal yang sangat penting serta melakukan proses uninstall pada program serta software yang memberatkan kinerja laptop. Seiring lamanya laptop tersebut di gunakan maka performanya juga akan ikut menurun, sehingga di perlukan untuk melakukan pembersihan terhadap software yang di rasa memiliki ukuran besar dan menghabiskan banyak ruang penyimpanan.

3.Bersihkan Bagian Dalam Laptop

Pembersihan bagian dalam laptop juga jadi salah satu cara agar laptop tidak lemot. Dalam jangka waktu 3 tahun bisa saja bagian dalam laptop kemasukan segala macam jenis debu dan material halus lainnya, yang dapat mengakibatkan laptop jadi cepat panas dan pada akhinya jadi lemot. Oleh karena itu, perlu sekali untuk melakukan pembersihan pada bagian dalam laptop dari debu dan material lain.

4.Menggunakan Thermal Paste

Therma paste merupakan suatu pasta yang di oleskan pada prosesor yang berguna untuk membantu mendinginkan prosesor serta menjaga suhu laptop tetap stabil dan tidak cepat panas.

Pengaplikasian thermal paste ini dapat membantu prosesor untuk menjaga suhunya agar tidak menjadi terlalu panas yang bisa mengakibatkan munculnya gejala laptop lemot.

5.Gunakan Netbook Cooler

Jangan sepelekan penggunakan netbook coller. Penggunaan kipas tambahan ini membeikan manfaat yang sangat bagus untuk menjaga suhu laptop agar tidak cepat panas. Suhu yang terlalu panas artinya meningkatkan kemungkinan laptop menjadi lemot.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara agar laptop tidak lemot dan kecepatan serta performanya tetap terjaga dengan baik. Langkah-langkah mudha di atas bisa kamu coba dan setidaknya bisa mengurangi resiko laptop menjadi lemot.