Gentooz
Gentooz adalah sebuah situs portal berita yang menyajikan informasi seputar Bisnis, Travel, Lifestyle dan Teknologi.

22 Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

0 255

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android – Android merupakan sistem operasi yang di kembangkan oleh perusahaan raksasa Google. Smartphone android merupakan ponsel pintar yang paling banyak di gunakan saat ini. Meskipun smartphone sudah di bekali dengan berbagai fitur canggih yang memudahkan berbagai aktivitas kamu, namun smartphone juga memiliki sisi kelemahan di segi penggunaan baterai. Karena banyak aplikasi yang secara otomatis berjalan di latar belakang yang akan menguras banyak daya.

Para produsen smartphone sudah mengantisipasinya dengan mananamkan fitur penghemat baterai pada smartphone produksi mereka. Tetapi jika smartphone android kamu tidak memiliki fitur tersebut maka kamu wajib install Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android yang telah Gentooz ulas dalam artikel ini.

Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik

Memiliki sebuah smartphone tentu akan selalu berkutat pada baterai yang boros alias cepat sekali habis. Tapi tenang saja, karena saat ini sudah banyak sekali hadir aplikasi yang bisa menghemat baterai smartphone. Berikut ini daftar aplikasi penghemat baterai android yang bisa kamu coba.

1.Greenify

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

Sebagai pembuka ada aplikasi bernamaGreenify, aplikasi penghemat baterai android ini dulunya di khususkan untuk para pengguna smartphone yang memiliki akses root. Namun sekarang pengguna tanpa akses root juga dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis. Greenify berfungsi untuk membuat aplikasi yang tidak kamu gunakan masuk dalam mode hibernate.

Selama dalam mode hibernate aplikasi tidak akan berjalan di belakang layar serta tidak memunculkan notifikasi pemberitahuan sampai kamu menggunakan aplikasi tersebut. Dampaknya smartphone android kamu jadi lebih hemat baterai.

2.Purify

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

Purify merupakan salah satu aplikasi penghemat baterai android yang sangat mudah untuk di gunakan. Purify ini akan ,emghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang serta menurunkan suhu smartphone android kamu. Aplikasi ini juga dapat menghemat RAM serta meningkatkan kinerja dan performa smartphone menjadi lebih cepat. Meskipun di bekali dengan banyak fitur-fitur canggih namun Purify sangat ringan saat digunakan.

3.Tasker

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

Tasker merupakan aplikasi yang sangat unik, kamu dapat membuat smartphone android menjadi berjalan secara otomatis dalam kondisi tertentu, ataiu hal lainnya. Jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk melakikan pengaturan khusus secara manual. Dampaknya kamu jadi tidak terlalu sering membuka smartphone dan baterai akan jauh lebih hemat.

Baca Juga: Aplikasi Booster Terbaik Untuk Mempercepat Kinerja Smartphone

4.Automate

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

Pada dasarnya Automate memiliki fungsi yang sama seperti Tasker, yaitu membuat sebuah peogram berjalan secara otomatis jika memenuhi syarat tertentu. Meski memiliki cara kerja yang sama namun Auto mate memiliki kelebihan yaitu kamu tidak perlu repot-repot membuat variabel khusus sperti yang ada pada Tasker. Aplikasi ini juga sangat hemat RAM karena begitu ringan saat digunakan.

5.Hibernation Manager

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

Dari namanya saja sudah bisa di tebak fungsi dari aplikasi ini. Sama seperti Greenify, Hibernation Manager juga dapat kamu gunakan untuk membuat sebuah aplikasi berada dalam mode hibernate. Namun yang menjadi kelebihan dari Hibernate Manager adalah tidak membutuhkan akses root sama sekali untuk menikmati semua fitur yang di tawarkannya. Selain itu aplikasi penghemat baterai android ini juga memiliki ukuran yang kecil jadi tidak menghabiskan ruang penyimpanan.

Baca Juga: Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik

6.MoboClean

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

MoboClean memiliki fitur unggulan yaitu dapat memberikan akses istimewa sama seperti pengguna android yang telai di root, tetapi tanpa akses root di android kamu. Aplikasi ini akan memberikan akses permission ke sebuah aplikasi. Dengan di berikan akses permission ke suatu aplikasi maka kamu dapat menghentikan aplikasi tersebut untuk berjalan otomatis pada latar belakang, jadi baterai smartphone kamu akan jadi lebih hemat.

7.Account Sync Profler

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

Account Sync Profiler merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengatur sinkronisasi data pada android kamu. Seperti yang kamu ketahui bahwa sinkrodisasi data yang berjalan terus-menerus pasti akan menghabiskan banyak daya baterai. Nah, Account Sync Profiler berfungsi untuk membuat sebuah variable khusus sehingga proses sinkronisasi berjalan dalam kondisi tertentu saja.

Jadi kamu dapat melakukan sinkronisasi pada email hanya aktif di hari tertentu saja dan pada hari lain sinkronisasi tidak berjalan . Dampaknya smartphone kamu jadi tidak boros baterai.

8.Juice Defender

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

Juice Defender merupakan aplikasi penghemat baterai android yang memberikan keleluasaan untuk kamu mengatur jaringan data yang kamu gunakan (mobile data dan WiFi), bluetooth, hingga mode lainnya yang dapat menghemat baterai android kamu. Dalam aplikasi ini juga telah di sediakan mode yang akan memudahkanmu seperti Balance, Agresive hingga Extreme.

9.DU Battery Saver

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan aplikasi penghemat baterai android bernama DU Battery Saver. Aplikasi ini akan secara otomatis mengatur tingkat kecerahan layar, memutuskan koneksi yang tidak terpakai hingga menonaktifkan lokasi pada smartphone android kamu. Kamu juga dapat mengaturnya secara manual untuk membatasi fitur mana yang tetap aktif. Du Battery Saver tidak akan menurunkan performa smartphone kamu, tersedia juga widget yang akan memudahkan kamu untuk menghemat konsumsi daya.

10.Battery Booster Lite

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

Aplikasi penghemat baterai android selanjutnya bernama Battery Booster Lite, aplikasi ini akan membantumu untuk meningkatkan performa baterai. Aplikasi ini akan memberikan informasi baterai, memantau proses atau aplikasi yang banyak mengkonsumsi banyak daya baterai hingga memberikan solusi terbaik untuk menghemat baterai smartphone android kamu.

11.Easy Battery Saver

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

Hanya menekan satu tombol saja pada Easy Battery Saver maka akan secara otomatis memindai beberapa aplikasi untuk berjalan secara lebih hemat daya. Selanjutkan fitur yang tidak kamu gunakan akan perlahan di kurangi, bahkan di matikan untuk lebih menghemat daya konsumsi baterai. Tersedia 5 mode yang dapat kamu sesuaikan untuk mengatur tingkat kinerja smartphone android kamu.

12. GO Battery Saver & Power Widget

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan aplikasi GO Launcher EX kan? selain aplikasi launcher pengembangnya juga telah menciptakan sebuah aplikasi penghemat baterai android bernama GO Battery Saver. Aplikasi penghemt baterai android terbaik ini sangat cocok untuk menjadi pelengkap jika kamu telah menggunakan GO Launcher EX. Dengan fitur widget yang memiliki tampilan keren serta hemat daya baterai.

13.Battery Doctor

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

Battery Doctor merupakan salah satu aplikasi penghemat baterai terbaik untuk android. Aplikasi ini sangat cocok di kombinasikan dengan aplikasi Clean Master karena akan meningkatkan kinerja smartphone sekaligus menghemat konsumsi baterai. Apalagi aplikasi ini sangat ringan saat di gunakan.

14.Battery Dr Saver

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

Aplikasi yang berjalan di latar belakang membuat baterai android kamu jadi cepat habis. Solusinya adalah kamu dapat menggunakan aplikasi Battery Dr Saver. Aplikasi ini akan menghentikan semua aplikasi yang berjalan secara otomatis pada background. Selain itu kamu juga akan mendapatkan informasi seputar penggunaan baterai dan seberapa banyak daya yang telah kamu gunakan.

15.Avast Battery Saver

Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik Untuk Android

Selain sebagai antivirus terbaik ternyata Avast juga telah menciptakan aplikasi penghemat baterai android terbaik bernama Avast Battery Saver. Selain sebagai pengemat daya baterai aplikasi ini juga akan melindungi smartphone kamu dari ancaman berbahaya. Jika kamu terhubung ke jaringan WiFi yang tidak jelas maka secara otomatis Avast Battery Saver akan mematikannya demi keamanan. Tersedia juga fitur Emergency jika baterai android kamu dalam kondisi darurat.

16.Screen Filter

Aplikasi Penghemat Baterai Android

Dengan menggunakan Screen Filter, kamu bisa mengurangi tingkat kecerahan layar 50% lebih gelap dari batas normal yang bisa di lakukan oleh smartphone kamu. Saat layar smartphone lebih gelap dari biasanya, maka bukan hanya membuat baterai jadi lebih hemat, tapi juga dapat menjaga kerahasiaan kamu saat sedang mengetik.

17.Black Screen of Life

Aplikasi Penghemat Baterai Android

Satu hal yang menyebalkn dari YouTube adalah fakta jika layar smartphone kamu tidak akan mati selama menonton videonya. Dampaknya baterai jadi boros dan cepat habis, untuk mengatsinya kamu bisa menggunakan apliksi Black Screen of Life. Aplikasi ini akan membuat layar smartphone jadi padam tanpa menghentikan proses aplikasi yang lain, Jadi kamu tetap bisa mendengarkan musik yang sedang kamu putar di YouTube, meski layar smartphone sudah mati.

18.Battery Calibration

Aplikasi Penghemat Baterai Android

Battery Calibration merupakan apliksi penghemat baterai android yang unik. Aplikasi ini dapat mengkalibrasi baterai android kamu dan membuat performanya jadi tetap baru secara terus-menerus. Namun aplikasi penghemat baterai ini hanya dapat di gunakan pada smartphone android yang memiliki akses root.

19.CurrentWidget: Battery Monitor

Aplikasi Penghemat Baterai Android

Sama seperti Battery Calibration, aplikasi ini mampu untuk mengkalibrasi bateri android kamu jadi seperti baru terus. Hebatnya apliksi penghemat baterai android yang satu ini bisa di gunakan pada smartphone tanpa akses root sama sekali.

20.Doze – For Better Battery Life

Aplikasi Penghemat Baterai Android

Semenjak android Marshmallow di perkenalkan, Doze yang menjadi aplikasi penghemat baterai untuk androi Marshmallow langsung menyita bnyak perhatian. Doze akan mencegah terjadinya wakelock, sehingga bterai android kamu jadi tidak cepat habis. Bagi kamu yang ingin merasakan fitur Doze pada android Lolipop, maka kamu bisa coba install aplikasi Doze – For Better Battery Life di smrtphone kamu.

21.LeanDroid

Aplikasi Penghemat Baterai Android

Berbeda dengan aplikasi penghemat baterai lain. LeanDroid secara otomatis akan aktif setelah terpasang pada android kamu. Setelah aktif, aplikasi ini akan langsung bekerja untuk menghemat baterai android kamu dengan cara mematikan semua akses mobile data, WiFi, lokasi dan lainnya sesuai dengan kebutuhan kamu. Hebatnya, kamu dapat mengatur interval waktu tiap berapa menit koneksi mobile data di aktifkan.

22.Wakelock Detector

Aplikasi Penghemat Baterai Android

Wakelock dapat menguras banyak daya, untuk mengatasinya kamu bisa gunakan apliksi Wakelock Detector. Aplikasi ini akan mendeteksi program-program apa saja yang terus aktif tanpa di kehendaki dan terus-menerus menghabiskan banyak daya baterai.

Itulah beberapa rekomendasi Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik yang di jamin akan membuat baterai smartphone android kamu jadi lebih hemat dan kamu tidak sering-sering melakukan pengisian daya.