Sebagian orang lebih memilih untuk membeli smartphone bekas daripada smartphone baru. Alasanya karena smartphone second jauh lebih murah. Namun yang menjadi dilema adalah kita tidak tahu betul mengenai kondisi smartphone bekas tersebut, body boleh mulus tapi dalamnya apa mulus juga? Nah untuk mengatasi masalah tersebut maka kali ini Gentooz akan memberikan Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Bekas. Smartphone second memang memiliki harga yang jauh lebih murah, namun lebih beresiko. Untuk itulah bijak dalam memilih smartphone bekas sangatlah penting, agar kamu tidak menyesal di kemudian harinya.

Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Bekas

 

1.Perhatikan Spesifikasi

Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Bekas Sebelum menuju pokok utama, kita bahas terlebih dahulu tips memilih smartphone bekas. Standar spesifikasi smartphone setiap tahunya semakin meningkat. Tentunya kamu pasti menginginkan smartphone dengan spesifikasi bagus agar awet dan dapat memenuhi kebutuhanmu dalam jangka panjang. Di sini kami sarankan untuk memilih smartphone second yang memiliki RAM 3GB, karena dalam beberapa tahun kedepan RAM 2GB sudah terasa lemot. Pilihlah smartphone bekas yang memiliki memori internal 32 GB atau 16GB tetapi mendukung memori eksternal juga. Untuk besar layar sesuaikan dengan kebutuhan kamu, tetapi resolusi harus minimal 720p atau 1.080p agar terasa nyaman saat di gunakan. Chipset yang di gunalan juga perlu di perhatikan, apakah kualitas atas atau menengah, jangan sampai memilih memilih smartphone bekas dengan chipset jadul. Hal penting lainya adalah dukungan update sistem operasi terbaru, karena android selalu memperbaharui sistem operasi mereka.

2.Beli Barang BNOB

Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Bekas Sudah memiliki gambaran smartphone bekas yang tepat? sekarang kita beralih pada tips beli smartphone second, yaitu carilah barang yang masih dalam kondisi BNOB. BNOB merupakan singkatan dari Brand New Open Box atau barang baru yang telah di buka segel pada kemasannya. Kamu bisa mencari smartphone BNOB di toko online atau di toko terdekat. Smartphone BNOB memang lebih murah di bandingkan smartphone baru, namun sedikit lebih mahal dari smartphone second. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah pastikan smartphone tersebut memiliki garansi resmi. Carilah smartphone BNOB dari penjual yang salah pilih dan menjualnya lagi dengan harga yang jauh lebih murah.

 

3.Beli Barang Old Stock

Tips Beli Smartphone Bekas

Tips beli smartphone bekas berikutnya adalah untuk mempertimbangkan membeli smartphone old stock. Barang lama atau old stock yang biasanya tidak memiliki garansi, selain itu biasanya memiliki model smartphone flagship tipe lama yang dulunya di jual mahal. Kamu dapat mencari smartphone old stock di toko online terpercaya seperti FJB Kskus. Karena tidak memiliki garansi, sangat di sarankan untuk memilih pembayaran menggunakan sistem COD. Jadi kamu dapat mengecek semua fungsi dari smartphone tersebut apakan berjalan dengan baik. Smartphone old stock memiliki harga yang jauh lebih murah di bandingkan dengan smartphone baru, bahkan bisa lebih murah dari second.

4.Pilih Barang yang Masih Bergaransi

Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Bekas Pilihlah smartphone yang masih memiliki garansi dalam waktu lama atau minimal baru beberapa bulan di pakai. Jika smartphone pilihanmu sulit mencari yang masih memiliki garandi, setidaknya pilihlah yang baru habis masa garansinya. Jangan pilih smartphone yang sudah di pakai hingga 2 sampai 3 tahun, dapat di pastikan smartphone tersebut sudah banyak mengalami penurunan dalam performa karena sudah lama di pakai. Baca Juga: Merek Smartphone Dengan Kualitas Terbaik

5.Memiliki Harga yang Wajar

Tips Penting Sebelum Membelu Smartphone Baru Siapa sih yang tidak tergiur dengan smartphone second yang memiliki harga murah? Biasanya smartphone second yang di jual memiliki harga patokan, namun jika kamu mendapati harga smartphone bekas yang jauh lebih murah dari harga potokan, kamu perlu berhati-hati bisa jadi itu barang palsu atau sudah rusak parah sehigga di jual di bawah harga standard.

6.Pilih Sistem Transaksi yang Aman

Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Bekas Adanya sistem rekening bersama memang sangat memudahkan belanja online menjadi lebih aman dan nyaman, tanpa ada batasan wilayah, jadi kamu dapat bertransaksi dengan penjual dari seluruh Indonesia. Selain itu pilihan barang jadi lebih banyak dan bervariasi. Jika kamu lebih khawatir dengan kondisi barang maka gunakanlah sistem pembayaran COD (Cast on Delivery). Buatlah janji dengan penjual untuk bertemu, tentukan tempat yang aman, jangan pilih di pinggir jalan carilah restoran atau cafe untuk tempat pertemuan. Jika kamu belum berpengalaman, ajaklah teman yang lebih berpengalaman untuk mengecek barang tersebut.

7.Jadilah Smart Buyer

Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Bekas Jika ingin beli HP bekas jadilah pembeli yang pintar. Biasanya penjual memberikan deskripsi selengkap mungkin mengenai barang tersebut. Bacalah dengan seksama mengenai deskripsi barang dan tanya ke penjual seputar barang yang belum di jelaskan dalam deskripsi, jangan tanya hal-hal yang tidak penting atau yang sudah di jelaskan dalam deskripsi. Baca Juga: Tips Penting Sebelum Beli Smartphone Baru

8.Cek Kondisi Barang

Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Bekas Tampilan merupakan hal pertama yang paling di perhatikan, pastikan kondisi body mulus dan tidak terdapat goresan. Jika kondisi fisik tidak sesuai dengan deskripsi yang di tulis penjual maka sebaiknya to;al atau batalkan saja.

9.Cek Kelengkapan

Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Bekas Selanjutnya yang perlu di perhatikan sebelum beli smartphone bekas adalah untuk cek semua kelengkapan. Perhatikan IMEI di kotak dan Smartphone apakah sudah sesuai. Cek juga kelengkapan aksesoris originalnya. Berikut adalah kondisi fisik dari barang yang harus kamu perhatikan:

  • Perhatikan kondisi tombol Home, Power dan Volume dalam keadaan baik serta masih nyaman saat di tekan. Pasalnya komponen tombol tersebut terkenal cepat mengalami kerusakan.
  • Cek keaslian dari earphone meskipun nanti belum tentu kamu pergunakan. Pastikan earphone dapat berfungsi dengan baik.
  • Cek adapter dan kondisi kabel USB pastikan dapat berfungsi dengan baik dan tidak longgar saat di pasang.
  • Cek juga jack audio pastikan suara yang di keluarkan tidak sendat-sendat.
  • Tes speaker dan microphone apakah hasil yang di keluarkan baik atau malah pecah. Jika suara yang di keluarkan pecah bisa jadi sudah pernah kemasukan air.

 

10.Cek dan Perhatikan Semua Fitur Berfungsi

Tips Penting Sebelum Membelu Smartphone Baru Setelah kondisi fisik dan kelengkapan sudah pas. Selanjutnya adalah untuk memperhatikan semua fungsi pada smartphone dapat berjalan dengan baik. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan:

  • Periksa responsivitas layar apakah berjalan dengan baik. Pastikan semua fungsi layar sentuh berjalan baik mulai dari atas bawah, kiri kanan serta bagian sudutnya. Cek juga fungsi sensor rotasi apakah berjalan baik.
  • Pastikan ambient light sensor. Sensor ini berfungsi meredupkan layar ketika berada dalam kegelapan atau sedang menerima panggilan.
  • Pastikan juga konektivitas seperti jaringan seluler, WiFi, bluetooth dan GPS. Langsung pasang kartu SIM saja untuk uji coba.
  • Perhatikan kamera, coba cek satu-persatu fungsi dan fitur kameranya, ambil gambar menggunakan flash dan lihat hasilnya.

 

11.Factory Reset di Awal

Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Bekas Tips beli smartphone bekas yang terakhir adalah dengan melakukan factory reset di awal kamu membeli smartphone tersebut. Pasalnya pada OS androi Lolipop terdapat fitur factory reset protection. Tetapi jika kamu membeli smartphone iPhone bekas maka tips ini bisa kamu abaikan saja. Perlindungan ketika seseorang mencoba melakukan factory reset bukan dari menu pengaturan akan di butuhkan sebuah password yang di buat oleh pengguna lama. Bahayanya jika di reset secara maka smartphone jadi tidak bisa di gunakan sebelum melakukan verifikasi menggunakan akun Google yang ada di smartphone.   Nah, itu tadi beberapa Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Bekas yang berkualitas namun dapat di beli dengan harga yang jauh lebih murah. Semoga dengan tips beli smartphone second di atas kamu bisa untuk memilih dengan tepat agar tidak menyesal d kemudian harinya.

11 View