Informasi dan Tutorial Android

Dampak Covid 19 Terhadap Perkembangan Pasar Real Estate

0 14

Tak bisa dipungkiri, munculnya wabah Covid 19 pada akhir tahun 2019 yang lalu, mau tak mau, hal tersebut pada akhirnya mengubah setiap perilaku masyarakat. Bahkan, hal ini juga berdampak bagi setiap bidang kehidupan. Termasuk diantaranya pada perkembangan pasar real estate. Apa saja dampak Covid 19 terhadap pasar real estate yang paling terlihat?

Mengingat kebutuhan akan real estate adalah sama pentingnya dengan kebutuhan lainnya. Terutama bagi yang sebelumnya belum memiliki hunian. Memiliki rumah tinggal yang sesuai dengan yang diinginkan, tentunya menjadi hal yang diimpikan bagi semua orang.

- Advertisement -

Dampak Covid 19 Terhadap Pasar Real Estate yang Paling Terlihat

Salah satu dampak Covid 19 yang berkaitan dengan perkembangan pasar real estate, salah satunya menurunnya animo masyarakat untuk membeli real estate, dalam hal ini rumah tinggal. Lebih jauh lagi, semakin banyak orang yang mulai berencana untuk menjual aset real estate yang dimiliki, sebagai dampak dari pandemi Covid 19 ini.

Dimana dengan adanya work from home, serta adanya aturan PSBB dan juga PPKM. Membuat sejumlah masyarakat harus berdiam diri di rumah dan membatasi semua pergerakan sosial. Hal tersebut tentunya berdampak besar bagi para pemilik real estate yang bekerja di lapangan.

Dalam arti, dengan adanya PSBB dan PPKM ini, membuat penghasilan menjadi menurun. Dampak itulah kiranya yang menjadi alasan, mengapa banyak pemilik aset real estate yang berencana untuk menjual asetnya dalam waktu dekat ini.

Belum lagi, dengan penghasilan yang menurun ini, serta besarnya pengeluaran selama pandemi Covid 19 ini, membuat masyrakat harus menunda keinginan untuk membeli rumah pada waktu dekat ini. Setidaknya hingga pandemi Covid 19 ini berakhir.

Lalu pertanyaannya kini, kapan saat tepat untuk membeli rumah tersebut? mengingat pandemi Covid 19 belum kunjung berakhir hingga saat ini? Seemntara kebutuhan akan rumah tinggal semakin mendesak, dari waktu ke waktu. Meskipun dampak Covid 19 terhadap pasar real estate ini juga semakin dirasakan oleh developer, agen real estate, hingga masyarakat itu sendiri.

Disisi lain, pandemi Covid 19 ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi developer dan juga agen real estate. Dimana mereka harus berjibaku untuk mendapatkan pelanggan, agar aset real estate yang dijual tidak menjadi rusak karena terlalu lama dibiarkan.

Cara paling tepat tentu saja dengan melakukan promosi secara online. Karena melakukan promosi dengan menggelar pameran real estate tampaknya hal tersebut tidak memungkinkan. Mengingat saat pandemi ini, semua kegiatan mobilitas yang mengundang keramaian mutlak ditiadakan.

Cara lainnya tentunya dengan menerapkan promosi potongan harga, pemberian hadiah, hingga pemberian potongan kredit, bagi pelanggan yang berniat untuk membeli rumah pada masa pandemi ini. Peran pemerintah dalam pemberian kredit perumahan juga sebenarnya menjadi hal yang paling ditunggu oleh setiap developer dan juga agen real estate.

Karena dengan demikian, akan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk membeli rumah. Meskipun masih dalam situasi pandemi seperti saat ini. Hanya saja, pemberian kredit ini hendaknya bisa disesuaikan dengan kemampuan masyarakat dalam membayar angsuran, dari kredit perumahan yang diberikan tersebut.

Mengingat besarnya penghasilan pada masa pandemi, tidak akan sama dengan penghasilan masyarakat sebelum pandemi. Khususnya pada saat diberlakukannya PSBB dan PPKM, dan work from home.

Kapan Saat yang Tepat untuk Membeli Rumah?

Jika pada masa pandemi Covid 19 ini, animo masyarakat menjadi berkurang untuk membeli rumah tinggal, dalam hal ini real estate. Sebagai dampak Covid 19 terhadap pasar real estate yang paling terlihat.

Maka pertanyaannya kini, kapan saat yang tepat untuk membeli rumah? Mengingat menurunnya animo tersebut bukan berarti keinginan masyarakat untuk membeli rumah menjadi tidak ada sama sekali.

Karena memang animo masyarakat yang menurun tersebut sebagai dampak Covid 19 terhadap pasar real estate. Dikarenakan, ada sebagian masyarakat yang menganggap bahwa ada banyak kebutuhan lainnya, selain real estate yang wajib dipenuhi. Sehingga keinginan untuk membeli rumah tinggal tersebut menjadi terpinggirkan.

Meskipun demikian, sebenarnya Anda juga masih bisa melakukan pembelian rumah, meskipun pandemi Covid 19 ini belum berakhir seperti saat ini. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membeli rumah pada masa pandemi Covid 19 ini. Diantaranya:

- Advertisement -

1.Memiliki Tabungan yang Cukup

Meskipun Anda membeli real estate secara kredit, namun tetap saja, Anda diharuskan untuk memiliki tabungan yang cukup. Hal ini tentu saja untuk mengnatisipasi segala kemungkinan yang terjadi di masa mendatang.

Karena seiring dengan masih mewabahnya Covid 19, memungkinkan segala hal bisa saja akan menimbulkan ketidakpastian. Termasuk diantaranya mengenai penghasilan yang didapatkan selama Pandemi Covid 19. Khususnya bagi masyarakat yang bekerja di lapangan dengan sistem harian, kebijakan work from home, tentunya akan menimbulkan ketidakpastian dalam hal penghasilan.

2. Memiliki Penghasilan Sampingan

Dengan ketidakpastian dalam hal penghasilan ini, tentunya hal tersebut akan menjadi hal yang tidak bisa Anda harapkan dalam membayar angsuran dari rumah yang Anda beli secara kredit. Maka dari itu, memiliki penghasilan sampingan bisa menjadi cara yang tepat bagi Anda yang ingin membeli rumah.

3. Membeli Rumah Sesuai Budget

Tak bisa dipungkiri, hampir setiap orang memiliki keinginan untuk memiliki rumah yang sesuai dengan yang diinginkan. Hanya saja, tipe rumah seperti itu biasanya akan dibanderol dengan harga yang lumayan mahal.

Sementara pada masa pandemi ini, dimana segala ketidakpastian bisa saja terjadi. Termasuk diantaranya yang berkaitan dengan penghasilan yang Anda terima. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut, adalah dengan membeli rumah yang sesuai dengan budget.

Misalnya, jika Anda membeli secara cash, pliihlah rumah yang sesuai dengan uang tabungan Anda. Sementara bagi Anda yang memilih untuk membeli rumah secara kredit. Maka Anda bisa memilih rumah, dengan besarnya angsuran yang sesuai dengan kemampuan Anda dalam setiap bulannya.

Untuk menentukan dana yang harus dikeluarkan ketika ingin membeli rumah baik secara cash maupun kredit. Anda bisa menggunakan mortgage calculator untuk cara yang lebih mudah dan sederhana dalam memeriksa keuangan Anda.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat Anda berencana untuk pindah rumah dan mulai membeli real estate yang baru. Karena sebagaimana diketahui, sebagai dampak Covid 19 terhadap pasar real estate, tentunya ada sejumlah hal yang perlu Anda perhitungkan, sebelum Anda benar-benar membeli rumah tinggal. Agar nantinya, semua kebutuhan Anda yang lain bisa tercukupi, meskipun Anda telah membeli rumah dimasa pandemi ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.