4 Cara Mengatasi Bootloop Dengan Mudah Pada Android

Cara Mengatasi Bootloop Dengan Mudah Pada Android – Pernahkan kamu mengalami masalah di mana android kamu menyangkut di bagian logo saat menyalakan smartphone?Kalau pernah, itu di namakan bootloop. Kondisi di mana smartphone kamu gagal masik ke dalam sistem software android, hal ini akan terus berulang sampai kamu berhasil memperbaikinya.

Lalu bagaimana cara memperbaiki bootloop? Pada artikel kali ini Gentooz punya Cara Mudah Mengatasi Bootloop Pada Android tanpa perlu pergi ke service center. Penasaran apa saja caranya? Yuk langsung simak ulasannya di bawah ini.

Cara Mengatasi Android Bootloop

Ada 4 cara mudah untuk mengatasi bootloop pada HP yang bisa kamu lkukan sendiri tanpa harus di bawa ke service centeratau counter HP. Berikut ini adalah caranya.

1.Restart Smartphone

Cara Mengatasi Bootloop Pada Android

Cara pertama ini bisa kamu lakukan jika bootloop kamu masih dalam tingkat ringan. Hal ini biasanya terjadi karenakesalahan pengoperasian data tanpa Recovery Mode.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan melakukan restart smartphone kamu. Matikan smartphone lepaskan baterai, kartu SIM dan SD Card. Tunggu smartphone kamu hingga setidaknya 15 menit.

Kemudian pasang kembali baterai, SIM, SD Card dan nyalakan smartphone kamu. Jika cara ini tidak berhasil maka kamu bisa coba cara selanjutnya.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Mengatasi Aplikasi Terhenti Pada Android

2.Wipe Cache Partition

Cara Mengatasi Bootloop Pada Android

Wipe Cache Partition adalah cara yang cukup ampuh untuk mengatasi bootloop pada HP. Cara ini bisa kamu lakukan tanpa perlu takut kehilangan semua data pada smartphone.

Caranya juga cukup mudah, yaitu cukup masuk ke Recovery Mode dan pilih Wipe Cache Partition lalu pilih Yes. Cara untuk masuk Recovery Mode di tiap smartphone berbeda, berikut ini adalah cara masuk ke Recovery Mode di sebagian merek smartphone.

  • Samsung: Home + Power atau Home + Volume Up + Power
  • LG: Home + Volume Up + Power
  • Huawei: Tombol Power + Volume Up
  • Asus: Power + Volume Up hingga muncul logo. Lepaskn tombol Power sambil tetap menekan Volume Up.
  • HTC: Power + Volume Down + Power

3.Factory Reset

Cara Mengatasi Bootloop Pada Android

Cara mengatasi bootloop paling ampuh yang bisa kamu coba lakukan adalah Wipe Data atau Factory Reset smartphone kamu melalui Recovery Mode.

Secara teknis cara ini akan mengatur ulang sistem software dan membuatnya seperti pertama kali di pasangkan sistem. Ketika kamu berada di menu Recovery Mode kamu bisa pilih Factory Reset dan pilih Yes.

Sistem akan secara otomatis menjalankan proses Factory Reset, biarkan saja proses berjalan dan jangan kamu ganggu. Setelah berhasil, maka seharusnya smartphone kamu akan masuk ke halaman Home.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Mengatasi Baterai Android Bocor

4.Flashing ROM

Cara Mengatasi Bootloop Pada Android

Flashing ROM adalah cara paling rumit dan beresiko untuk mengatasi masalah bootloop. Penggunaan cara ini juga biasanya di lakukan jika smartphone mengalami masalah bootloop yang serius.

Biasanya masalah bootloop seperti ini di karenakan salah menginstall Custom ROM atau salah update OS ke dalam smartphone kamu. Car mengatasinya adalah dengan melakukan Flashing ROM yang sesuai dengan smartphone kamu.

Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Smartphone Flashing Tool, caranya juga sudah tersedia di dalam aplikasi tinggal kamu ikuti saja langkah-langkahnya.

Tetapi jika kamu merasa rgu untuk melakukan Flashing ROM sendiri, maka kamu bisa mengunjungi service center dari smartphone kamu.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara mengatasi bootloop pada android yang bisa kamu coba sendiri di rumah tanpa perlu repot ke service center. Jika kamu takut untuk mengatasi masalah bootloop sendiri, maka kau bmu bisa meminta bantuan pada teman yang memang sudah paham atau setidaknya pernah mengalami masalah yang sama.