Cara Membersihkan HP dari Kuman dan Bakteri

Cara Membersihkan HP – Menurut para peneliti HP adalah salah satu benda yang paling kotor karena sering di gunakan. Ketergantunga akan HP membuat kamu sering membawanya ke mana saja. Selain itu hanpir setiap saat kamu pasti memegag HP baik ketika makan atau sehabis keluar dari kamar mandi.

Hal ini tentu saja akan mengakibatka kuman dan bakteri akan menempel pada HP kamu. Tentu saja ini tidak baik untuk kesehatan karena bisa menimbulkan berbagai penyakit. Oleh sebab itulah penting sekali untuk membersihka HP kamu. Pada artikel kali ini Gentooz akan membahas bagaimana cara membersihkan HP dari kuman dan bakteri dengan benar.

Bagaimana Cara Membersihkan HP?

Perlu kamu tahu kalau beberapa penelitian mengatakan bahwa jumlah bakteri yang ada pada HP lebih banyak di bandingkan jumlah bakteri pada dudukan toilet. Pada beberapa uji laboratorium umumnya sebuah HP memiliki 10 kali lipat jumlah mikrorganisme penyebab sakit perut dan muntah-muntah daripada toilet umum.

Meskipun HP menjadi sarang kuman dan bakteri, namun kamu tetap membutuhkannya untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Oleh sebab itulah hal yang perlu di perhatikan adalah kebersihan dari HP milik kamu. Berikut ini beberapa cara membersihkan smartphone dari kuman dan bakteri dengan mudah.

Menggunakan Alkohol dan Cotton Bud

Menggunakan Alkohol

Cara pertama untuk membersihkan smartphone kamu dari kuman adalah dengan menggunakan alkohol. Jangan menggunakan semprotan aerosol, pembersih jendela, amonia, larutan atau pengikis untuk membersihkan smartphone kamu.

Karena benda-benda tersebut bisa merusak smartphone kamu. Maka dari itulah kamu harus menggunakan kain yang di celupkan ke dalam alkohol, cukup sedikit saja alkohol yang di gunakan. Atau kamu juga bisa membeli kail lap yang sudah mengandung campuran alkohol.

Menggunakan Cutton Bud

Menggunakan cutton bud juga bisa menjadi salah satu cara untuk membersihkan smartphone kamu dari kuman. Smartphone kamu memiliki tombol atau bagian yang terbuat dari lpastik, gunakan kain yang lembut atau cutton bud yang di lembabkan dengan cairan alkohol untuk membersihkannya. Tetapi jangan menggunakannya di bagian yang terbuat dari bahan logam.

Menggunakan Air Bersih dan Kain Lap

Air Bersih atau Air Mineral

Air bersih atau air mineral siap minum juga bisa kamu pakai untuk membersihkan smartphone dari kuman. Jangan menggunakan air keran karena mengandung residu dari bahan kimia dan bakteri. Selain itu juga air keran juga dapat meninggalkan lapisan (film) di layar HP kamu.

Menggunakan Kain Lap Bersih

Kain lap yang bersih juga dapat kamu gunakan untuk membersihkan HP kamu. Jangan gunakan kain yang berserat karena hal itu bisa membuat layar HP kamu tergores. Kamu bisa menggunakan kain mincofiber atau kain yang sering di gunakan untuk mengelap kaca mata.

Tips Membersihkan HP yang Aman

Setelah kamu tahu alat-alat yang bisa di gunakan untuk membersihkan smartphone kamu dari kuman dan bakteri. Tahap selanjutnya kamu harus tau tips membersihkan smartphone dari kuman yang aman.

  1. Matikan HP dan lepaskan semua aksesoris yang menempel pada HP seperti casing tambahan.
  2. Lepaskan screen protector yang terpasang di layar HP kamu. Jika terdapat retakan pada layar HP kamu dan jika melepaskan screen protector akan mengakibatkan keretakan semakin besar. Maka hal ini tidak perlu kamu lakukan.
  3. Bersihkan badan HP yang terbuat dari plastik dengan cairan alkohol. Jangan menggosok terlalu keras untuk menghindari lapisan cat terkikis. Permukaan baterai juga ama di bersihkan dengan alkohol.
  4. Jika terdapat bagian yang terbuat dari logam, kamu bisa membersihkannya dengan cutton bud yang di celupkan ke air bersih.
  5. Setelah bagian luar sudah bersih, maka kamu bisa menggunakan cutton bud kering dan bersih untuk mengelap bagian dalam tempat baterai (jika bisa di lepas). Jika terdapat kotoran yang membandel kamu bisa menggunakan sedikit ait untuk mengangkatnya. Kemudian segera bersihkan bagian yang basah tadi.
  6. Lalu untuk membersihkan kamera belakang dan flash, gunakan cutton bud yang di celupkan ke air bersih dan gosok dengan cara memutar. Lalu segera keringkan dengan bagia lain dari cutton bud agar air tersebut tidak membekas pada lensa kamera.
  7. Kemudian basahi kain microfiber degan sedikit air bersih lalu usapkan ke bagian layar HP dengan gerakan satu arah dari atas ke bawah. Gerakkan ini akan menghindari kuman berpindah ke sisi lain HP. Jangan mengusap dengan gerakkan memutar karena itu bisa menggores layar.
  8. Setelah itu bersihkan HP dengan hati-hati terutama jika ada retakkan pada layar, usap secara perlahan untuk menghindari retakkan semakin meluas. Sebaiknya kamu menggunakan lap bersih dan kering untuk menghindari partikel air masuk ke HP lewat sela-sela yang ada di HP kamu.
  9. Jika kamu melepas screen protector maka pasang kembali dengan screen protector yang baru sesuai panduan.
  10. Diamkan HP selema beberapa menit sampai benar-benar kering lalu nyalakan kembali HP kamu.

Sedangkan untuk bagian aksesoris seperti casing tambahan kamu bisa mengelapnya dengan kain yang di celup ke cairan alkoho. Begitu juga dengan aksesoris sejenisya, kamu bisa menggunakan cara yang sama untuk membersihkannya.

Nah, itu tadi adalah sedikit tips bagaimana cara membersihkan HP dari kuman dan bakteri dengan benar. Selalu jaga kebersihan HP kamu karena pastinya kamu akan menggunakannya setiap hari.

Tinggalkan komentar